0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
MARINE SURVEY

Tuesday, November 1, 2011

Re: [Oil&Gas] (OOT) Rhenald Kasali: Sekolah Untuk Apa?

 

Ya...itulah,

sebaiknya mentri pendidikan sekarang jangan cuma bisa mengikuti selera dia saja tanpa ada hasil riset dan study perbandingan dengan negara lain .
banyak faktor2 yg perlu di pertimbangkan seperti sekolah di desa dengan di kota, anak kurang mampu dengan menerapkan subsidi silang.

banyak sekolah sekarang yg menjual nama agama dengan mem besar2kan nama sekolah berbau Islam....tapi biaya sekolahnya mencekik leher.
akibatnya tidak ada sama sekali kena mengena dengan syiar Islam dari tujuan pokok dan managemen sekolah tersebut.
saya ambil contoh:
suatu sekolah AL..... TK,SMP dan SMU yg mengatas namakan Islam di Jakarta, saya lihat murid2 sekolah tersebut setiap mau pergi atau pulang sekolah terjadi kemacetan di tempat tersebut, karena kenapa?
ya..yg rata2 sekolah di sana anak orang mampu.
yang ingin saya tanyakan...adakah sekolah tersebut menerapkan sistim subsidi silang dan dengan jujur menerapkan standard nilai juga melakukan Placement test untuk murid2 yg mau masuk sekolah tersebut.
artinya jika calon murid tidak lulus test tidak dapat di terima walau anak jendral sekalipun.
kalau memang sekolah tersebut betul2 menerapkan sistim sebsidi silang berarti diantara murid2 sekolah tersebut tidak mengenal kaya dan miskin karena semua di perlakukan dengan sama dan murid yg kurang mampu di berikan keringanan untuk uang sekolah tapi yg kaya akan membayar berlipat ganda karena akan menutupi bayaran dari golongan yg kurang mampu.
efek psikologisnya anak yg kaya akan merasakan bagaiman belajar dan duduk bersama orang yg kurang mampu, sehingga mereka tidak menjadi orang sombong dan sadar kalau di dunia ini ada yg bernasib baik dan ada yg bernasib kurang baik.
coba bayangkan kalau sekolah tersebut terdiri dari anak2 orang mampu, pulang pergi sekolah di antar jemput pake Mercy. innova, pajero dll.
tidak pernah mengenal teman yg kurang mampu...saya tidak bisa membayangkan seandainya mereka jadi pemimpin apakah mereka akan memikirkan orang kurang mampu...coba pikir sendiri.

Pala

Migas_Indonesia@yahoogroups.com, mbatack <mbatack@...> wrote:
>
> Exactly, itu juga yang saya prihatinkan semenjak beberapa tahun terakhir. Saya pribadi melihat beban anak-anak SD-SMP-SMA sudah terlalu berlebihan, tanpa mengetahui kegunaannya untuk apa.
>
> Bayangkan saja, untuk bisa masuk SD, calon siswa harus sudah bisa membaca, lha itu kan namanya kliru besar. Justru di SD anak-anak diajari membaca.
> Beranjak ke SMA, setelah mereka juga dijejali dengan mata pelajaran yang "sak ndayak", masih harus ambil pendalaman tambahan diluar dengan tujuan satu, bagaimana menjawab soal-soal test masuk ke PT, tanpa adanya pemahaman apa yang ditanyakan dan dijawab. Pokoknya, "menjawabnya begini", pasti betul. Ibaratnya, siswa hanya tahu bahwa air mendidih pada temperatur 100 derajaty celcius, tetapi apa konsekuensi dari air yang mendidih tersebut, mbuuhhh...tanyalah pada angin yang berlalu.
> Nah, dengan generasi yang "asal jawab", kira-kira akan kemana bangsa kita, saat mereka sudah menjadi "orang"?
> Quo vadis, pendidikan di Indonesia?
> Mungkin kekuatirannya akan menjadi stereotype sudara tua kita:
> Untuk bisa menjad orang terpandang, harus bekerja diperusahaan yang ternama. Untuk itu, sebaiknya berasal dari lulusan PT terkenal, nah, lulusan SMA "top-10" akan diharuskan mengikuti biombingan belajar ABC, demikian seterusnya, ujung-ujungnya, bayi yang baru akan lahir sudah stress dulu, apakah orang-tua-ku berkualitas?
> Bambang
>

__._,_.___
Recent Activity:
--------------------------------------------------------------
Portal Industri : http://www.migas-indonesia.com
No E-mail (Web) : Migas_Indonesia-nomail@yahoogroups.com
Daily Digest    : Migas_Indonesia-digest@yahoogroups.com
Individual Mail : Migas_Indonesia-normal@yahoogroups.com
Administrator   : Migas_Indonesia-owner@yahoogroups.com
Mirror : http://groups.google.com/group/Migas-Indonesia-Google
Untuk pergantian alamat email dan pengiriman attachment
silahkan hubungi webmaster(at)migas-indonesia.com
HAPUS BAGIAN EMAIL YANG TIDAK DIPERLUKAN SEWAKTU REPLY
PENGIRIMAN ATTACHMENT KE MILIS HARUS MELEWATI ADMINISTRATOR
--------------------------------------------------------------
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment

LinkWithin2

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget
Jika anda merasa info ini berguna dan ingin mentraktir saya beli minuman, silahkan anda bisa mendonasikan sedikit rezeki anda dengan mengklik link dibawah ini:


Bisnis Tiket Pesawat Online

Disclaimer