0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
MARINE SURVEY

Wednesday, November 2, 2011

Re: [Oil&Gas] Vendor blast resistant wall panel

 

Pak Hananto,
 
Sependek pengetahuan saya, dinding pemisah/separation wall diantara transformer di Sub Station dikenal sebagai Firewall dan bukan Blast Resistant Wall. Firewall yang dimaksud didesain minimal tahan 2 jam dalam menahan panas dalam kondisi terpapar api akibat kebakaran transformer sebelum mulai menginduksi panas di sebelahnya.
Beberapa acuan referensi yang dapat dipertimbangkan adalah : NFPA 251, NFPA 255, ANSI/IEEE 979 tentang Fire Barrier, ASCE Reports Design of Blast Resistant Buildingd in Petrochemical Plants 1997, Management of Hazards Associated with Location of Process Plant Buildings API RP 752.
 
Karena dinding/firewall ini dianggap sebagai struktur tanpa keharusan menahan ledakan, maka desainnya dapat memakai kriteria berdasarkan ACI 318/318M atau SNI (kalau didalam negeri). Jika electrical engineer mensyaratkan perlunya atap/roof maka beban-beban tambahan haruslah diperhitungkan. Pemakaian conblock tidak disarankan karena potensi efek akibat ledakan transformer jika terbakar cukup besar meski tidak sebesar over pressured load di process area. In-situ cast dengan mutu beton 28 MPA atau K-350 dengan ketebalan dinding inti minimal 20 cm sudah cukup.
Namun jika mendesain untuk struktur firewall Sub Station di Power Plant, kriteria-kriteria desain akan lebih tajam dibanding Refinery/Petrochemical.
 
Satu catatan lagi, jika bangunan tahan ledakan ini memiliki ruang bertekanan (pressurized room terutama untuk peralatan operasi) dan harus mendapatkan service dari sistem HVAC maka harus dipertimbangkan pula tentang struktur Air Intake untuk sistem HVAC. Struktur Air Intake sebaiknya terpisah dari bangunan dan mempunyai ketinggian sekitar 9 meter dari permukaan tanah dan berada di area yang tidak diklasifikasikan sebagai hazardous area.
Jika bangunan ini harus memiliki ruang untuk penempatan Emergency Diesel Generator sebagai sumber catu daya darurat ketika terjadi electrical shutdown akibat ledakan/accident, maka harus dipertimbangkan pemakaian Air Damper yang juga blast resistant serta besaran bukaan/opening yang dapat ditoleransi dalam kekuatan struktur bangunan.
 
Mohon maaf jika jawaban saya masih kurang memenuhi harapan.
 
Salam,
 
Thomas Yanuar P
Civil/Structure Specialist YERP - Saudi Aramco.
Seoul - South Korea
 
 
2011/11/3 hananto <hananto.adi@gmail.com>
 

Mas thomas dan rekan yg lain, saya masih sering rancu jika diminta untuk design wall yg memisahkan trafo satu dengan yg lain. Apakah ada di dalam standar apa, satu trafo dengan trafo yg lain dibuat separation wall yg didesign sebagai firewall ataupu blastwall?
Selama ini saya anggap itu hanya sebagai firewall saja, jadi separation wall tersebut cukup didesign dgn menggunakan cast in situ atau conblock yg hanya mampu menahan api saja. Apakah ada pendapat lain?
Salam
Hananto

Powered by Telkomsel BlackBerry®

From: Thomas Yanuar <thomas.x.yanuar@gmail.com>
Date: Thu, 3 Nov 2011 10:13:42 +0900
Subject: Re: [Oil&Gas] Vendor blast resistant wall panel

 

Pak Munawir,
Pemakaian pre-casted blast resistant wall panel seperti yang ditanyakan Pak Badaruddin memang ada di berbagai proyek O/G/P/R. Keputusan penggunaan pre-cast ataupun in-situ cast tentu sudah berdasarkan perhitungan yang matang. Baik dari beban over pressure akibat blasting, segi keekonomian, kerangka waktu, bentuk struktur bangunan, ketersediaan vendor dan dukungan infrastruktur.
Kebetulan saat ini desain struktur Sub Station (SS) dan Process Instrument Building (PIB) yang saya tangani, Red Sea Refining Complex (RSRC)/Yanbu Export Refinery Project (YERP) juga menggunakan pre-cast blast resistant wall panel. Secara perhitungan struktur dan simulasi analisa dinamis, tidak ada masalah dalam penggunaan pre-cast panel namun tentu mempunyai implikasi dalam biaya dibanding in-situ cast. Secara umum, pre-cast wall panel ini lebih tebal dibanding dengan in-situ cast dalam skala yang sama akibat over pressure load yang diterima.
 
@Pak Badar, maaf saya belum mempunyai info tentang vendor penyedia pre-cast blast resistant wall panel di Indonesia. Mungkin bisa mencoba menghubungi PT Wika Beton yang spesialisasinya memproduksi concrete precast. Siapa tahu mereka mempunyai kemampuan memproduksi panel yang dimaksud. Satu catatan saja jika nanti menggunakan pre-cast wall panel, perlulah diperhatikan diameter anchor, susunan dan teknik instalasinya termasuk prosedur penyatuan double T girder dengan struktur kolom.

Salam,
 
Thomas Yanuar P
Seoul - South Korea
2011/10/22 Akhmad Munawir <amunawir@gmail.com>
 

Setahu saya yang Ada itu adalah vendor fire wall resistant yang fungsinya menahan radiasi panas api dibatas max temperatur yg kita minta Dan vendor Akan berikan spek coatingnya.

Kalau untuk blast (hempasan) wall resistant itu mestinya designnya dibatas sendiri oleh civil/structure engineer. Tinggal berapa pressur(blast) design yg anda inginkan berdasarkan hitungan consequence analysis yang anda punya.

Sebagai reference 40kpa blast sudah mampu munghancurkan public building.
Supaya over/under design, sebaiknya berhati-hati dalam melakukan perhitungan.

Salam,
A Munawir

Sent from my iPad



On Oct 20, 2011, at 11:55 AM, badaruddin.badar79@gmail.com wrote:

> Dear rekan rekan,
>
> Mohon pencerahan, apakah ada yang punya kontact perusahaan yang menyediakan blast resistant wall panel di indonesia.
>
> Salam
> Badar
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
>
> ------------------------------------
>
> ----------------------------------------------------------
> Portal Industri : http://www.migas-indonesia.com
> No E-mail (Web) : Migas_Indonesia-nomail@yahoogroups.com
> Daily Digest : Migas_Indonesia-digest@yahoogroups.com
> Individual Mail : Migas_Indonesia-normal@yahoogroups.com
> Administrator : Migas_Indonesia-owner@yahoogroups.com
> Mirror : http://groups.google.com/group/Migas-Indonesia-Google
> Untuk pergantian alamat email dan pengiriman attachment
> silahkan hubungi webmaster(at)migas-indonesia.com
> HAPUS BAGIAN EMAIL YANG TIDAK DIPERLUKAN SEWAKTU REPLY
> PENGIRIMAN ATTACHMENT KE MILIS HARUS MELEWATI ADMINISTRATOR
> ----------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links
>
>
>







__._,_.___
Recent Activity:
--------------------------------------------------------------
Portal Industri : http://www.migas-indonesia.com
No E-mail (Web) : Migas_Indonesia-nomail@yahoogroups.com
Daily Digest    : Migas_Indonesia-digest@yahoogroups.com
Individual Mail : Migas_Indonesia-normal@yahoogroups.com
Administrator   : Migas_Indonesia-owner@yahoogroups.com
Mirror : http://groups.google.com/group/Migas-Indonesia-Google
Untuk pergantian alamat email dan pengiriman attachment
silahkan hubungi webmaster(at)migas-indonesia.com
HAPUS BAGIAN EMAIL YANG TIDAK DIPERLUKAN SEWAKTU REPLY
PENGIRIMAN ATTACHMENT KE MILIS HARUS MELEWATI ADMINISTRATOR
--------------------------------------------------------------
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment

LinkWithin2

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Jika anda merasa info ini berguna dan ingin mentraktir saya beli minuman, silahkan anda bisa mendonasikan sedikit rezeki anda dengan mengklik link dibawah ini:


Bisnis Tiket Pesawat Online

Disclaimer