0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
MARINE SURVEY

Wednesday, October 12, 2011

RE: [Oil&Gas] Workshop PTK 007 Rev. 2/2011 untuk karyawan non KKKS

 

Memang awalnya seperti itu Mbak Kristin, saya selaku coordinator untuk Workshop PTK 007 rev 2 di Batam, setelah posting proposal untuk workshop PTK 007 di millist KMI Batam dg maksud untuk tercapai kuota peserta workshop sesuai yang disyaratkan. Ternyata ada beberapa hal yang ditanyakan oleh anggota millis, salah satunya seperti yang diuraikan oleh Pak Kuswo mengenai Sertifikasi PTK 007.
 
Rencananya dalam minggu ini akan saya tunggu berapa peminatnyam jika kurang dari kuota akan saya sampaikan ke Pak Herry bagaimana langkah selanjutnya apakah cancel atau lanjut namun pindah lokasi atau bagaimana. Sampai saat ini belum ada lagi yang tertarik untuk ikut workshop ini, entah karena ketidaktahuan warga Batam, atau memang iklim usaha di Batam memang unik berbeda dg lokasi lain di Indonesia. Karena mayoritas komoditas industri di Batam untuk di ekspor.
 
 
Regards
Rio Hendiga
From: Migas_Indonesia@yahoogroups.com [mailto:Migas_Indonesia@yahoogroups.com] On Behalf Of kristinadaniati@gmail.com
Sent: Wednesday, October 12, 2011 3:34 PM
To: Migas_Indonesia@yahoogroups.com
Subject: [Oil&Gas] Workshop PTK 007 Rev. 2/2011 untuk karyawan non KKKS

 

Dear milister,
Untuk mengakhiri perdebatan yg lebih panjang mengenai sertifikasi PTK 007 Rev. 2; saya ubah subject kita seperti di atas.
KMI bekerjasama dengan KBPM telah mengadakan workshop PTK 007 beberapa kali dengan maksud untuk memfasilitasi karyawan non KKKS untuk lebih memahami isi PTK 007 dan pelatihan untuk menghitung nilai TKDN. Meski diperuntukkan untuk karyawan non KKKS, pada batch yang lalu ada beberapa rekan dari KKKS yang mengikuti training ini dikarenakan schedule untuk sertifikasi PTK 007 belum ada dan antrian peserta yang panjang. Bahkan saya sempat menghubungi penyelenggara sertifikasi ini yang disebutkan di milis KMI Batam, menyatakan bahwa untuk tahun ini mereka tidak mengadakan sertifikasi tersebut. Secara pribadi, manfaat workshop ini cukup banyak dalam menunjang pekerjaan saya untuk menyusun dokumen pengadaan di lingkup migas dan memahami aturan mainnya.
Mengingat peminat workshop ini yang cukup banyak dan beberapa datang dari luar kota, bila rekan-rekan KMI Batam dan Kaltim berminat menjadi tuan rumah, ada baiknya workshop PTK 007 mendatang diadakan di luar Jakarta.
Mungkin ada tanggapan atau pendapat dari rekan atau senior lainnya?

Best Regards,
Kristin
Sent from my BB®


From: Administrator Migas <migas_indonesia@yahoo.com>
Sender: Migas_Indonesia@yahoogroups.com
Date: Tue, 11 Oct 2011 10:10:04 -0700 (PDT)
To: migas_indonesia@yahoogroups.com<migas_indonesia@yahoogroups.com>
ReplyTo: Migas_Indonesia@yahoogroups.com
Subject: [Oil&Gas] Perlu tidaknya memiliki Sertifikasi PTK 007 Rev.2

 
Migas Indonesia,

Ini ada hasil diskusi tentang sertifikasi PTK 007 Rev.2 yang saya ambil dari Grup KMI Batam dimana Pak Kuswo telah memberikan penjelasannya tentang perlu tidaknya Sertifikasi PTK 007.
Karena banyak juga pertanyaan ke saya melalui Japri maka saya copy paste saja penjelasan beliau, semoga bermanfaat.

Salam

S. Herry Putranto
Administrator

----- Pesan yang Diteruskan -----
Dari: Kuswo Wahyono <kuswowy@yahoo.com>
Kepada: KMI_Batam@yahoogroups.com; rio.hendiga@akersolutions.com
Cc: herry_migasdownstream@yahoo.com
Dikirim: Selasa, 11 Oktober 2011 22:28
Judul: RE: [KMI_Batam] Workshop PTK-007 Revisi 2 2011


Ada beberapa hal yang perlu diluruskan:
1. Memang benar tidak ada peraturan (Undang-Undang) yang melarang untuk mengikuti sertifikasi apapun. Namun, perlu diingat bahwa pekerja KKKS jumlahnya ribuan (di Indonesia ada sekitar 250 KKKS), sehingga yg antri untuk mengambil sertifikat tsb kalau ditambah oleh yg non-KKKS tdk akan terbayangkan jumlah calon pesertanya. 

2. Perlu diperhatikan bahwa sertifikasi PTK 007 BPMIGAS hanya berlaku sebagai Panitia Lelang KKKS. Sekali lagi saya tekankan bahwa Pedoman Tata Kerja tersebut isinya mengatur bagaimana menjadi Panitia Lelang KKKS dengan baik dan benar, bukan sebagai vendor atau supplier dengan baik dan benar. Dengan demikian yg diutamakan sementara ini adalah peserta dari KKKS. Ujian dilakukan agar dapat memastikan, yg bersangkutan layak untuk menjadi "Panitia Lelang KKKS".

3. Beberapa tahun yang lalu memang benar PT Patra Widya hanya satu-satunya yg diberi wewenang melaksanakan "Pelatihan & Sertifikasi PTK 007", ttp saat ini hanya Koperasi Bina Petro Mandiri (KBPM) satu-satunya yang diberi wewenang.  Menurut pengamatan saya (pribadi), memang ada bbrp alasan, antara lain PT PW mengutamakan bisnis dibandingkan kepentingan KKKS (banyak menerima peserta non-KKKS shg peserta KKKS tidak kebagian tempat) dan selain itu sangat terlambat menerbitkan sertifikat (6 bulan). 

4. Para instruktur PTK 007 sebagian besar adalah pekerja BPMIGAS yang berpengalaman dan masih aktif. Para instruktur tentunya mempunyai keterbatasan waktu utk mengajar, karena mereka juga mempunyai tugas2 kantor lain yang lebih utama. Akibatnya tidak mungkin penyelenggaran "Pelatihan & Sertifikasi PTK 007" oleh bbrp provider.

5. Karena banyaknya calon peserta Pelatihan & Sertifikasi yg menunggu antrian, bbrp KKKS mengambil jalan pintas dng membajak pekerja KKKS lain yg sudah berpengalaman dan mempunyai sertifikat (hasil ujian) PTK 007. Hal ini tentunya menyebabkan larinya pekerja yg berpengalaman di bbrp KKKS, yg juga merupakan problem BPMIGAS.

6. Untuk mendapatkan pengetahuan setara dengan Pelatihan PTK 007 yg diberikan kpd KKKS, siapa pun dapat mengikuti pelatihan yg diberikan oleh bbrp provider (saya tdk mau menyebut namanya, krn saya tidak mau promosi). Sertifikat Pelatihan tetap diberikan oleh para provider, tetapi bukan Sertifikat hasil ujian. Untuk Pelatihan seperti ini, materi yg diberikan terutama adalah cara menghitung TKDN (lebih diperlukan bagi vendor/supplier).

7. Apabila ada peserta non-KKKS ikut ujian sertifikasi PTK 007, perlu diperhatikan:
a. atas rekomendasi atau menggunakan nama KKKS (secara terselubung),
b. ada tujuan pribadi tertentu (diantaranya utk dapat pindah kerja ke KKKS),
c. merugikan KKKS karena telah menggeser giliran calon peserta, 
d. tanpa sertifikasi ujian PTK 007 sebenarnya sdh mempunyai pengetahuan yg sama dengan cara mengikuti pelatihan PTK 007 dari provider yg lain.
e. penyalahgunaan wewenang BPMIGAS oleh provider penyelenggara ujian PTK 007.

Silakan untuk diforward kpd milis KMI Batam (saya bukan anggota milis KMI_Batam, mungkin e-mail ini akan ditolak).

salam; --ksw-



























This e-mail and any attachment are confidential and may be privileged or otherwise protected from disclosure. It is solely intended for the person(s) named above. If you are not the intended recipient, any reading, use, disclosure, copying or distribution of all or parts of this e-mail or associated attachments is strictly prohibited. If you are not an intended recipient, please notify the sender immediately by replying to this message or by telephone and delete this e-mail and any attachments permanently from your system.

__._,_.___
Recent Activity:
--------------------------------------------------------------
Portal Industri : http://www.migas-indonesia.com
No E-mail (Web) : Migas_Indonesia-nomail@yahoogroups.com
Daily Digest    : Migas_Indonesia-digest@yahoogroups.com
Individual Mail : Migas_Indonesia-normal@yahoogroups.com
Administrator   : Migas_Indonesia-owner@yahoogroups.com
Mirror : http://groups.google.com/group/Migas-Indonesia-Google
Untuk pergantian alamat email dan pengiriman attachment
silahkan hubungi webmaster(at)migas-indonesia.com
HAPUS BAGIAN EMAIL YANG TIDAK DIPERLUKAN SEWAKTU REPLY
PENGIRIMAN ATTACHMENT KE MILIS HARUS MELEWATI ADMINISTRATOR
--------------------------------------------------------------
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment

LinkWithin2

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget
Jika anda merasa info ini berguna dan ingin mentraktir saya beli minuman, silahkan anda bisa mendonasikan sedikit rezeki anda dengan mengklik link dibawah ini:


Bisnis Tiket Pesawat Online

Disclaimer