0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
MARINE SURVEY

Friday, October 14, 2011

Re: [Oil&Gas] Mobil Tertahan di Bea Cukai, Mahasiswa UGM Batal Lulus

Setuju Pak Defnil. Yang saya maksudkan ribet adalah banyak peraturan yang saling mengait lintas departemen utk urusan impor. Jadi jangan asal tunjuk hidung bahwa ini salah bea cukai. Koordinasi antar departemen dulu yg perlu dibereskan.

Regards,
mico.siahaan@gmail.com

-----Original Message-----
From: "defnil" <defnil@yahoo.com>
Sender: Migas_Indonesia@yahoogroups.com
Date: Fri, 14 Oct 2011 08:33:42
To: <Migas_Indonesia@yahoogroups.com>
Reply-To: Migas_Indonesia@yahoogroups.com
Subject: Re: [Oil&Gas] Mobil Tertahan di Bea Cukai, Mahasiswa UGM Batal Lulus

Pada dasarnya bea cukai sama sekali tidak ribet, karena Dirjen Bea Cukai pada dasarnya hanya berkepentingan untuk 1 hal saja, yaitu Bea Masuk. Sisanya adalah titipan dari departemen lain.

PPN, PPNBM, & PPH adalah titipan Dirjen Pajak. Saat importir melakukan pembayaran BM & pajak2 di bank devisa, komponen tersebut langsung disetorkan/diposting ke accountnya Dirjen Pajak, bukan ke accountnya Dirjen Bea Cukai.

Kalau tidak ada titipan dari Dephankam, mau bawa bahan peladak, M16, atau rudal pun pasti akan dikasih lewat oleh bea cukai (setelah bayar bea masuk), tanpa perlu permit dari Cilangkap/Polri. Mau bawa bahan psikotropika, kalau tidak ada titipan dari Depkes juga akan dikasih lewat, nggak perlu permit dari BPOM. Mau bawa pelumas, kalau tidak ada titipan dari Deptamben, nggak perlu NPT dari Dirjen Migas. Masih ada lagi titipan dari Pertanian, Lingkungan Hidup, Perhubungan, dlsb. API, NPIK, SNI, IT/IP, Izin Barang Bekas, semuanya titipan Depdag.

Pada dasarnya, tujuannya sebetulnya sangat baik, untuk memproteksi kepentingan dalam negeri.

Kalau kita mau mencermati, untuk "kepentingan nasional", regulasi/aturan main yang ada sekarang ini sangat jauh lebih baik dibanding era tahun 80an/90an. Celah2 yang bisa dimanfaatkan oleh importir yang berniat nakal, dan juga celah yang digunakan oleh "oknum", saat ini jauh semakin sempit.

Praktik under declare (supaya bayar BM & pajak2 lebih rendah), praktik over declare (seringkali untuk barang masterlist), praktik door to door (yang tidak ada PIB & SSPCP), penyeludupan (memanfaatkan jalur hijau), walaupun masih ada (dengan "pengorbanan" yang jauh lebih besar), saat ini sudah semakin sulit untuk dilakukan.

Dulu, kalau importirnya sudah berbau oil/service company, apapun jenis item yang di impor, di declare dibawah heading 8430/8431 (BM 0 %), diterima saja oleh bea cukai. Kalau sekarang, kalau klasifikasinya tidak tidak tepat, kemungkinan besar kita akan menerima SPKPBM. Bisa pada saat proses clearance, atau pada saat audit2-3 tahunan.

Kalau masalah ribet, rasanya sih sangat relatif. Untuk pegawai bea cukai, mungkin pemetaan lapisan tanah, menginterpretasikan bacaan LWD, coring, directional drilling, mengikuti tender di KPS, atau masalah HSE, jauh lebih ribet he..he..he..

Salam... Defnil.

--- In Migas_Indonesia@yahoogroups.com, Mico Siahaan <Mico.Siahaan@...> wrote:
>
> Petugas bea cukai hanya bekerja berdasarkan regulasi. Regulasinya yang
> ribet. Jangankan untuk lomba Pak. Tahun 2002 kami impor peralatan (via 3rd
> party) untuk pekerjaan turn around di Pertamina Balongan dan end-user
> (Pertamina) sudah dapat tekanan untuk selesaikan TA secepatnya alias sudah
> jadi isu nasional, peralatan masih ditahan kok 2 minggu di Priok. Alasan
> untuk kepentingan nasional saja nggak mempan di bea cukai asal regulasi
> dijalankan. Jadi memang perlu pilih importir yang betul2 paham regulasi.
>
> Cheers.
>
>
> 2011/10/14 <maula_na@...>
>
> > Prosedur bagaimana? Sudah jelas itu karena rumitnya proses di bea
> > cukainya.. Lamanya kan karena menunggu hampir 3 bulan sehingga biaya sewa
> > container jadi membengkak. Klo wajar saja, para mahasiswa itu (UGM, UI, ITS,
> > ITB) akan bayar kok. Apa para petinggi bea cukai itu gak tahu bahwa barang2
> > tsb yg telah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional..
> >
> > Salam,
> > MM
> > Powered by Telkomsel BlackBerry®
> >
> > -----Original Message-----
> > From: "Poltak" <poltak.nainggolan@...>
> > Sender: Migas_Indonesia@yahoogroups.com
> > Date: Fri, 14 Oct 2011 00:47:01
> > To: <Migas_Indonesia@yahoogroups.com>
> > Reply-To: Migas_Indonesia@yahoogroups.com
> > Subject: Re: [Oil&Gas] Mobil Tertahan di Bea Cukai, Mahasiswa UGM Batal
> > Lulus
> >
> > Pak Patra, prosedurnya sama saja utk handcarry atau barang besar yg
> > dihandle forwarder. Ketika berangkat, kemungkinan pihak forwarder tidak
> > diberitahu bahwa barang tsb hanya utk keperluan eksibisi dan akan di bawa
> > pulang.
> >
> >
> --
> Mico | mico.siahaan@... | @bangmico
>




------------------------------------

--------------------------------------------------------------
Portal Industri : http://www.migas-indonesia.com
No E-mail (Web) : Migas_Indonesia-nomail@yahoogroups.com
Daily Digest : Migas_Indonesia-digest@yahoogroups.com
Individual Mail : Migas_Indonesia-normal@yahoogroups.com
Administrator : Migas_Indonesia-owner@yahoogroups.com
Mirror : http://groups.google.com/group/Migas-Indonesia-Google
Untuk pergantian alamat email dan pengiriman attachment
silahkan hubungi webmaster(at)migas-indonesia.com
HAPUS BAGIAN EMAIL YANG TIDAK DIPERLUKAN SEWAKTU REPLY
PENGIRIMAN ATTACHMENT KE MILIS HARUS MELEWATI ADMINISTRATOR
--------------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links



------------------------------------

--------------------------------------------------------------
Portal Industri : http://www.migas-indonesia.com
No E-mail (Web) : Migas_Indonesia-nomail@yahoogroups.com
Daily Digest : Migas_Indonesia-digest@yahoogroups.com
Individual Mail : Migas_Indonesia-normal@yahoogroups.com
Administrator : Migas_Indonesia-owner@yahoogroups.com
Mirror : http://groups.google.com/group/Migas-Indonesia-Google
Untuk pergantian alamat email dan pengiriman attachment
silahkan hubungi webmaster(at)migas-indonesia.com
HAPUS BAGIAN EMAIL YANG TIDAK DIPERLUKAN SEWAKTU REPLY
PENGIRIMAN ATTACHMENT KE MILIS HARUS MELEWATI ADMINISTRATOR
--------------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/Migas_Indonesia/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/Migas_Indonesia/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
Migas_Indonesia-digest@yahoogroups.com
Migas_Indonesia-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
Migas_Indonesia-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/

No comments:

Post a Comment

LinkWithin2

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget
Jika anda merasa info ini berguna dan ingin mentraktir saya beli minuman, silahkan anda bisa mendonasikan sedikit rezeki anda dengan mengklik link dibawah ini:


Bisnis Tiket Pesawat Online

Disclaimer