0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
MARINE SURVEY

Wednesday, October 12, 2011

Re: [Oil&Gas] Catodic Protection

 

Untuk itung2annya saya percaya deh, mas Ari. Jadi secara singkat 2 anode cukup utk design life 10 tahun gitu dan harus ditambah lagi kalau design life-nya lebih dari itu. Betul begitu ya, karena memperhitungkan coating degradation sehingga current requirement akan semakin meningkat. Utilization factor dan safety factor (calculation) juga sudah ditambahkan jadi masuk itunga2an kontingensi.
 
Sebelum men-design biasanya cari data dulu atau cukup pake asumsi dan referensi saja untuk penentuan design parameter-nya, ini termasuk besaran soil resistivity-nya? Secara yang 'cost effective' pasti memilih pake by experience aja biasanya, apalagi kalo cuma pipeline 1 km. :) Apa nanti enggak banyak pengaruhnya terhadap design? Katakan: harus menggali lokasi anode/groundbed berapa banyak? Cukup enggak potensial Mg anode buat ngasih proteksi kalo dipasang di daerah yg soil resistivitynya lebih tinggi? dll...
 
Berkaitan dengan penempatan lokasi anodenya apa harus pake itung2an kurva atenuasi atau cukup by experience (maksudnya nembak aja lah...hehehe...kaya' jaman sekolah dulu)? Biar lokasinya pas dan didukung dengan dasar engineering paling enggak ada data berapa jarak maksimum proteksi dari drain point/groundbed. Terus tancepin test point deh di daerah drain point dan diantara 2 groundbed untuk membuktikan sama pipe owner hasil dari itung2an tadi. Paling kurang 3 lokasi tes point, tuh untuk pengukuran rutin sampe 10, 20 atau 30 taun kedepan.
 
Hah? Jadi banyak juga item-nya sebelum sampe selesai di-install dan commissioning. Berapa duit tuh? Sebanding dengan resikonya enggak ya? (Kalo enggak, mendingan gak usah pasang CP deh...pipanya taro diatas tanah aja. Toh, banyak yg akan sering melintas jadi pipanya bisa keawasan dan gak gampang di-sabotase). Pasang CP....enggak...pasang CP...enggak....(sayang disini gak ada tokek)
Makasih banyak buat idenya, ya Mas Ari.
 
Salam,
-Isya-
 
2011/10/12 Ari Kurniawan <ari_calister2@yahoo.com>
 

Pak Isya,

Terima kasih banyak atas koreksinya. Saya senang sekali Pak isya menyempatkan waktu untuk membaca balasan sy.Benar sekali Pak, hitungan 2 anode tadi seperti yang sudah sy bilang masih sangat kasar. Karena seperti yang sudah diketahui secara umum, untuk pemasangan SACP is more art than science jadi meskipun sudah dihitung diatas kertas tetap harus melihat kondisi lapangan. Saat sistem dipasang dan kurang proteksi maka tentunya perlu ditambah anodenya. Saya pernah melakukan inspeksi SACP untuk pipa gas diameter 12 inch dengan tipe coating polyken wrapping, Magnesium anode dipasang tiap 1 km dan ternyata arus proteksi sampai ke jarak 500 m dari anode (dilakukan penggalian dan diukur potensial) . jadi perkiraan kasar saya untuk pipa 4" panjang 1km, 2 anode sudah cukup. 

Untuk perhitungan sy kira-kira seperti ini mohon dikoreksi untuk senior-senior CP dan Korosi.
Kebutuhan Arus total = Luas Area (phi x D x L) x current requirement 
untuk current requirement sy pakai 0.4 mA/m2 untuk umur design 10 tahun, 0.6 mA/m2 untuk umur design 20 tahun, dan 0.9 mA/m2 untuk umur design 30 tahun  (ISO15589-1)
Jadi kebutuhan arus sekitar 0.128 A .

 Untuk anode menggunakan High Potensial Magnesium Anode berat 14.5 kg dengan kapasitas 
1200 AH/kg. utilization factor 0.8 dan safety factor 25%.
asumsi lain adalah resistivitas tanah 3000 Ohm-cm, dan temperatur sekitar pipa < 30 derajat Celcius.

Kebutuhan anode (Kg) = (kebutuhan Arus Total x lifetime) / (Kapasitas x Faktor guna)

jadi untuk umur desain 10 tahun dibutuhkan total berat kebutuhan anode  14.56 kg atau sekitar 2 anode Mg.
untuk umur desain 20 tahun anode yg dibutuhkan 4 anode.
sedangkan untuk umur desain 30 tahun anode yang dibutuhkan 8 anode.

Setelah dipasang selain diukur potensial di test point, perlu juga diukur potensial ditengah-tengah diantara test point untuk memastikan semua pipa terproteksi sempurna.


Mungkin ada yang mau menambahkan.

Terimakasih dan Salam,
AK
CP Engineer










Dari: Isya Muhajirin <isya.muhajirin@gmail.com>
Kepada: Migas_Indonesia@yahoogroups.com
Dikirim: Rabu, 12 Oktober 2011 11:35
Judul: Re: [Oil&Gas] Catodic Protection

 
Mas Ari,
 
Mungkin bisa di-elaborasi lebih jauh dan didiskusikan untuk tambahan ilmu. Apa cukup dengan 2 buah Mg anode saja untuk meng-cover 1 km 4" diameter pipeline? Mungkin diatas kertas cukup tapi kadang di lapangan setelah dipasang bisa kurang. Bagaimana cara mem-verifikasi dan antisipasi keadaan seperti ini karena biayanya kan cuma dianggarkan untuk install 2 anode saja. Enggak mau kan kalo user atau kontraktor harus adu-otot untuk menentukan siapa yg keluar uang untuk design yg sudah approve.
 
Kalaupun design approved dan anode sudah dipasang di kedua ujung pipa, apakah potensial proteksi bisa sampai ke tengah pipa yg notabene jaraknya 500m dari masing2 anode? Bagaimana pipeline owner yakin potensial proteksi tercapai? Karena siapa tahu mas Ari yang akan diberi tugas mendesain dan memasang CP system untuk pipeline ini.
 
Pak Abdur,
Lebih jauh tentang pipeline yg akan dipasang, rencananya design life pipeline tersebut berapa lama ya? Apakah wrapping (semacan STOPAQ begitu mungkin? -maaf menyebut brand) akan diaplikasi sepanjang pipa 1 km? Kemudian peruntukan pipa tersebut untuk HC jenis apa ya? Biar lebih komprehensif informasinya, karena kebanyakan tujuan pemasangan CP biasanya berkaitan dengan risk reduction ataupun menjaga integrity dari pipa tersebut.
 
Salam,
-Isya-

2011/10/12 Ari Kurniawan <ari_calister2@yahoo.com>
 
Pak Abdur,

As per NACE SP0169-07 maka pipa tersebut perlu dipasang cathodic protection kecuali ada penelitian yang menunjukkan tidak perlu dipasang cathodic protection. jika tidak ada crossing dengan pipa lain, tidak ada river crossing, road crossing. dari hitungan kasar cukup dipasang 2 magnesium anode di kedua ujung pipa.

Tks,
Ari Kurniawan
CP Engineer


Dari: abdur <abdur_nb@yahoo.com>
Kepada: "Migas_Indonesia@yahoogroups.com" <Migas_Indonesia@yahoogroups.com>
Dikirim: Selasa, 11 Oktober 2011 18:06
Judul: [Oil&Gas] Catodic Protection

 

Yth. Rekan Milis Migas,
 
Kami rencana akan memasang pipe line dengan jarak 1 km ditanam  dan di wraping dengan diameter pipa 4"API5L Sch.40 Seamless,
apakah pipe line tersebut perlu dipasang catodic protection, mohon saran dari rekan-rekan milis.
 
Terima kasih
 
Abdur
HP    : 0816644330






__._,_.___
Recent Activity:
--------------------------------------------------------------
Portal Industri : http://www.migas-indonesia.com
No E-mail (Web) : Migas_Indonesia-nomail@yahoogroups.com
Daily Digest    : Migas_Indonesia-digest@yahoogroups.com
Individual Mail : Migas_Indonesia-normal@yahoogroups.com
Administrator   : Migas_Indonesia-owner@yahoogroups.com
Mirror : http://groups.google.com/group/Migas-Indonesia-Google
Untuk pergantian alamat email dan pengiriman attachment
silahkan hubungi webmaster(at)migas-indonesia.com
HAPUS BAGIAN EMAIL YANG TIDAK DIPERLUKAN SEWAKTU REPLY
PENGIRIMAN ATTACHMENT KE MILIS HARUS MELEWATI ADMINISTRATOR
--------------------------------------------------------------
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment

LinkWithin2

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Jika anda merasa info ini berguna dan ingin mentraktir saya beli minuman, silahkan anda bisa mendonasikan sedikit rezeki anda dengan mengklik link dibawah ini:


Bisnis Tiket Pesawat Online

Disclaimer