0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
MARINE SURVEY

Monday, October 17, 2011

Re: [Oil&Gas] [Ask}Vapour Pocket pada suction pompa LPG

 

Mas Komed,
 
Berdasarkan pengalaman saya, vapor pocket di suction pompa itu bukan hanya diaplikasikan di LPG pumps, namun secara general diaplikasikan di pompa yang diperasikan dengan fluida saturated dimana temperatur fluida tersebut lebih rendah dari udara sekitar. Di LNG extraction unit memang sering ditemui aplikasi ini.
 
Prinsip dari aplikasi ini adalah ketika fluida yang dipompakan itu menyerap panas dari lingkungan sehingga saturated fluida tersebut sebagian akam menguap. Uap tersebut akan mengganggu prinsip kerja pompa karena pompa akan kavitasi (bubble vapour akan manabrak impeler dan potinsial akan merusak impeler). Untuk menghindari tersebut, di top pocket pompa disediakan nozzle untuk merelease vapour dan disambungkan ke vessel suction pompa. Untuk menghindari ini, memang biasanya pompa akan dilindungi dengan insulation. Namununtuk fluida yang dingin (minus degC), dengan insulasi tetap aja akan ada panas yang masuk ke sistem sehingga proses vaporisasi ini tidak dapat dihindari.
 
Jika dengan insulasi dapat dihindari untuk vaporisasi (karena temperatur tidak terlalu dingin) misalnya  beda dengan ambient cuma 5 oC mungkin tidak diperlukan. Namun ketika start-up, vapor tetap aja akan terbentuk karema panas yang masih ada di pompa (ketika start up pompa masih pada temperatur udara sekitar) akan terserap oleh fluida dam akan terjadi vaporisasi dengan segera. Untuk mengatasi hal tersebut, vapor pocket eliminator disambungkan dengan vent system dan dilengkapi dengan side-galss.Ketika startup, valve dibuka, dari side-glass akan terlihat liquid mengalir, dan segera valve ditutup. Namun jika mau bagus ya tetap aja diinstall vapor pocket eliminator yang di sambungkan ke vessel suction pompa.
 
Namununtuk LPG dengan  mayoritas C-5, pompanya tidak tidak memerlukan vapor pocket eliminator karena saturated temperatur dari fluida yang dipompakan ada diatas temperatur udara sehingga tidak membutuhkan vapor pocket eliminator.
 
Yang sering saya temui untuk vapor pocket eliminator misalnya di reflux pumps dari LPG extraction unit karena temperatur bisa mencapai lebih rendah dari -20 oF. Untuk LPG Product seringnya tidak memerlukan vapor pocket eliminator. Sebagai gambaran, dengan P = 7 barg, nC-4 90% dan N-C-5 10% saturated temperatur sekitar 160 oF, masih jauh diatas temperatur udara paling panas sekalipun.
 
Demikian dari pengalaman, mungkin ada yang mau menambahkan.
 
Regards,
 
Kholid Zam Zam


 
2011/10/13 Nur Kumeidi <kumeidi.nur@gmail.com>
 

Dear milister,

 

Mohon pencerahan tentang subyek di atas. Apakah ada pengaruh terhadap performa pompa? Kalaupun ada bagaimana cara meminimalkannya?

 

Terimakasih

 

 

B/R

Komed


__._,_.___
Recent Activity:
--------------------------------------------------------------
Portal Industri : http://www.migas-indonesia.com
No E-mail (Web) : Migas_Indonesia-nomail@yahoogroups.com
Daily Digest    : Migas_Indonesia-digest@yahoogroups.com
Individual Mail : Migas_Indonesia-normal@yahoogroups.com
Administrator   : Migas_Indonesia-owner@yahoogroups.com
Mirror : http://groups.google.com/group/Migas-Indonesia-Google
Untuk pergantian alamat email dan pengiriman attachment
silahkan hubungi webmaster(at)migas-indonesia.com
HAPUS BAGIAN EMAIL YANG TIDAK DIPERLUKAN SEWAKTU REPLY
PENGIRIMAN ATTACHMENT KE MILIS HARUS MELEWATI ADMINISTRATOR
--------------------------------------------------------------
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment

LinkWithin2

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget
Jika anda merasa info ini berguna dan ingin mentraktir saya beli minuman, silahkan anda bisa mendonasikan sedikit rezeki anda dengan mengklik link dibawah ini:


Bisnis Tiket Pesawat Online

Disclaimer