0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
MARINE SURVEY

Sunday, October 16, 2011

[Oil&Gas] [news][EBT] Navigat Makin Giat Bangun Pembangkit Listrik Terbarukan

 

JAKARTA. Pembangkit listrik terbarukan bakal semakin banyak. PT Navigat Organik Energy Indonesia, perusahaan swasta yang menghasilkan listrik dari sampah perkotaan, berencana menambah tiga mesin pembangkit lagi. Total dana untuk ekspansi itu mencapai Rp 1,05 triliun.
Saat ini, Navigat baru memiliki satu pembangkit listrik di Bantargebang, Bekasi berkapasitas 10 megawatt (MW). Satu pembangkit baru akan ditaruh di Bantargebang dan mampu menaikkan kapasitas menjadi 12 MW tahun ini dan tahun depan menjadi 26 MW. Pembangkit lainnya ada di Suwung, Bali dan Benowo, Surabaya, masing-masing berkapasitas 10 MW. "Dana investasi di Bantargebang Rp 530 miliar, di Suwung Rp 200 miliar, dan di Benowo Rp 320 miliar," jelas Agus Nugroho Santoso, Direktur Utama Navigat, Jumat (14/10).
Pembangunan pembangkit di Benowo mulai berlangsung tahun ini dan siap beroperasi akhir tahun 2012. Sedangkan pembangkit di Surabaya, mulai dibangun kuartal I-2012 dan beroperasi tahun 2013. "Tender di Surabaya sudah kami menangkan, tinggal menunggu penetapan dari walikota untuk memulai proyek," tandas Agus.
Navigat gencar berekspansi karena prospek bisnis ini cerah. Dengan menggunakan sampah sebagai bahan baku yang diolah sebagai energi, Navigat yakin bisa memenuhi kebutuhan masyarakat untuk peduli pada lingkungan lewat program go green. Apalagi, listrik berbahan bakar minyak mulai kesulitan lantaran cadangan fosil terus berkurang.
Selain itu, pemerintah juga akan menaikkan harga jual listrik berbasis energi terbarukan, dari sebelumnya sebesar Rp 820 per kilo watt hour (kWh) menjadi Rp 850 - Rp 1.050 per kWh. "Kenaikan harga jual akan menyemarakkan industri ini," jelas Agus.
Dharma Bakti, Manajer Senior Energi Alternatif Perusahaan Listik Negara (PLN), bilang, tahun ini, PLN sudah membeli listrik dari energi terbarukan sebanyak 80 MW. Peningkatan harga jual itu bisa merangsang pertumbuhan industri listrik terbarukan. "Kapasitas listriknya bakal semakin besar dan kami siap membelinya sesuai keputusan pemerintah," kata Dharma.



Disadur dari : 

__._,_.___
Recent Activity:
--------------------------------------------------------------
Portal Industri : http://www.migas-indonesia.com
No E-mail (Web) : Migas_Indonesia-nomail@yahoogroups.com
Daily Digest    : Migas_Indonesia-digest@yahoogroups.com
Individual Mail : Migas_Indonesia-normal@yahoogroups.com
Administrator   : Migas_Indonesia-owner@yahoogroups.com
Mirror : http://groups.google.com/group/Migas-Indonesia-Google
Untuk pergantian alamat email dan pengiriman attachment
silahkan hubungi webmaster(at)migas-indonesia.com
HAPUS BAGIAN EMAIL YANG TIDAK DIPERLUKAN SEWAKTU REPLY
PENGIRIMAN ATTACHMENT KE MILIS HARUS MELEWATI ADMINISTRATOR
--------------------------------------------------------------
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment

LinkWithin2

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Jika anda merasa info ini berguna dan ingin mentraktir saya beli minuman, silahkan anda bisa mendonasikan sedikit rezeki anda dengan mengklik link dibawah ini:


Bisnis Tiket Pesawat Online

Disclaimer