0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
MARINE SURVEY

Monday, October 17, 2011

[Oil&Gas] (energy terbarukan) Tim ITS Bersepeda Jakarta-Surabaya Bawa 'Tricycle Surya'

 

http://id.berita.yahoo.com/tim-bersepeda-jakarta-surabaya-bawa-tricycle-surya-042020302.html

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – Sebanyak 30 alumni, dosen, dan karyawan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya yang sudah berusia lanjut menggelar "nggowes" (bersepeda) rute Jakarta-Surabaya pada 22-30 Oktober dengan membawa sepeda "Tricycle Surya" buatan mahasiswa ITS.
"Kegiatan bertajuk 'Green ITS Eco Campus Tour De Java 2011' ini merupakan langkah untuk mengkampanyekan perilaku hemat energi dan peduli lingkungan," kata Rektor ITS, Prof Dr Ir Triyogi Yuwono DEA, saat bertemu tim 'nggowes' di kampus ITS, Ahad (16/10).
Menurut Ketua Tim "nggowes" ITS, Ir Gunawan, "nggowes" yang menempuh jarak 900 kilometer dari Jakarta menuju Surabaya selama sembilan hari itu akan start dari lapangan Monas pada 22 Oktober dan finis pada 30 Oktober di Jalan Rajawali, Surabaya.
"Saat start akan dilepas oleh Menteri Pendidikan Nasional, Ketua PP IKA ITS, serta Rektor ITS yang juga akan ikut 'nggowes' di Etape I dari Jakarta ke Karawang yang berjarak sekitar 84 kilometer," katanya.
Sementara itu, saat finis akan bersamaan dengan "Eco Fun Bike ITS 2011" dari Jalan Rajawali ke Gedung Futsal Indoor di kampus ITS. "Itu langkah nyata dan komitmen ITS sebagai kampus yang bersahabat dengan lingkungan (Eco Campus) melalui perilaku hemat energi dan budaya sadar lingkungan untuk kelangsungan hidup bumi dan makhluk hidup di dalamnya," imbuh Gunawan.
Menurut Gunawan, peserta tur itu didominasi para lanjut usia (lansia) dengan usia tertua 70 tahun, yaitu Ir Arie Yuwono (alumni dan pensiunan dosen Teknik Mesin ITS). "Dengan tingginya usia rata-rata peserta, diharapkan bisa membuktikan bahwa bersepeda jauh lebih baik bagi siapa pun," katanya.
Dalam tur itu, tim "nggowes" juga membawa produk hasil riset yang siap dimanfaatkan oleh masyarakat luas, yaitu "Tricycle Surya ITS."
Supervisor Tricycle Surya, Dr Muhammad Nur Yuniarto ST, menjelaskan sepeda roda tiga itu menggunakan tiga sumber energi dalam pengoperasiannya. "Ketiga sumber energi itu adalah energi tubuh manusia lewat kayuhan pedal, energi listrik dalam bentuk baterai penyimpan energi, dan energi surya untuk men-charge baterai itu," katanya.
Tricycle atau tiga sumber energi itu menggunakan motor DC 150 watt, selain pemindah tenaga manual seperti yang terdapat pada sepeda lain umumnya. "Dengan tiga sumber energi itu, tricycle dapat digunakan bertransportasi dengan jarak yang jauh tanpa mengalami kelelahan. Jarak tempuhnya hampir sama dengan sepeda motor pada umumnya," pungkasnya.

__._,_.___
Recent Activity:
--------------------------------------------------------------
Portal Industri : http://www.migas-indonesia.com
No E-mail (Web) : Migas_Indonesia-nomail@yahoogroups.com
Daily Digest    : Migas_Indonesia-digest@yahoogroups.com
Individual Mail : Migas_Indonesia-normal@yahoogroups.com
Administrator   : Migas_Indonesia-owner@yahoogroups.com
Mirror : http://groups.google.com/group/Migas-Indonesia-Google
Untuk pergantian alamat email dan pengiriman attachment
silahkan hubungi webmaster(at)migas-indonesia.com
HAPUS BAGIAN EMAIL YANG TIDAK DIPERLUKAN SEWAKTU REPLY
PENGIRIMAN ATTACHMENT KE MILIS HARUS MELEWATI ADMINISTRATOR
--------------------------------------------------------------
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment

LinkWithin2

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget
Jika anda merasa info ini berguna dan ingin mentraktir saya beli minuman, silahkan anda bisa mendonasikan sedikit rezeki anda dengan mengklik link dibawah ini:


Bisnis Tiket Pesawat Online

Disclaimer