0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
MARINE SURVEY

Wednesday, September 21, 2011

Re: [Oil&Gas] (Tanya) vibrasi dan temperature body motor

 

pak Zainal Yth.

Sama pak....Ningrat Banten (Pening, melarat Banget Tenan...)...

Iya pak...yahh...ISO hanyalah guidance....semuanya berpaling kepada karakteristik/kebiasaan mesin/motor tersebut...seprti tulisan pak Zainal terdahulu alinea ke dua...

Salam,
Jono
Serang
banten


2011/9/22 <zaitbpau@gmail.com>
 

Pak Jono Yth,

Alhamdulillah masih betah di Bdng menjadi Ningrat (Pening dan Melarat) :-D

Wah beda antara batas alarm (2,81 mm/s) dan danger (7,1 mm/s) untuk motor listrik Pak Jono jauh juga ya Pak.

Kalau menurut ISO 10816 batas alarm untuk titik ukur yang berbeda pada 1 mesin adalah beda. Disarankan tiap titik ukur batas alarm adalah baseline + (batas atas zona B/4) dan tidak lbh besar dari 1,25 kali batas atas zona B. Kalau batas danger untuk semua titik ukur dalam 1 mesin sama Pak. Ribet ya. Seperti ungkapan orang Jawa ISO = Iso ora iso kudu iso :-D



Salam,
ZA

Powered by Telkomsel BlackBerry®


From: JONO <pharjono@gmail.com>
Date: Wed, 21 Sep 2011 23:55:28 +0700
Subject: Re: [Oil&Gas] (Tanya) vibrasi dan temperature body motor

 

Alhamdulillah....masih pak...Bapak masih di Bandung? Mudah-mudahan sehat selalu pak... tanggapan saya saya bold warna biru yaa pak Zainal

2011/9/21 <zaitbpau@gmail.com>
 

Pak Jono dan Rekan2 Yth,

Apa kabar Pak Jono, masih di Banten?

Pak, sebenarnya konsep dasar dari conditioning monitoring adalah mendeteksi perubahan level getaran, temperatur, cairan pelumas, tekanan, flow, arus listrik dll. Jadi temperatur atau getaran yg tinggi yang steadi menurut saya tdk begitu membahayakan dibandingkan dng temperatur atau getaran yg rendah tetapi levelnya meningkat terus menerus.

Dalam standard iso 10816-3 1998(E) kt diperbolehkan u mengevaluasi getaran berdasarkan 5.1 Criteria 1 Vibration Level 5.2 Criteria 2 Change in Vibration Magnitude. Dalam praktek kan kadang kt jumpai mesin yg getaran atau temperaturnya tinggi tapi udah belasan tahun ya steady spt itu tdk meningkat. Jadi sebelum menjudge mungkin ada baiknya kt tanya sejarah motor tsb.

Saya setuju dengan tulisan Bpak di atas...makanya ada 6 point di email saya kepada pak Riki untuk dilengkapi...


Ada komentar sy sehubungan dng getaran:

Pertama Pak Jono mengemukakan bahwa getaran (bearing) motor Pak Riki sisi NDE arah Y sebesar 0,24 IPS termasuk danger, darimana kesimpulan ini diambil? 0,24 IPS = 6,1 mm/s. Namun data Pak Riki tdk menyatakan nilai tsb nilai Peak atau RMS. Melihat satuan yang dipakai yaitu IPS, besar kemungkinan nilai tsb adalah nilai peak karena IPS umum digunakan di usa dan mrk memakai nilai peak. Bila dugaan ini benar maka 0,24 IPS peak = 6,1 mm/s peak = 4,3 mm/s RMS!

Saya anggap  nilai overall yang ada adalah RMS pak....makanya saya katakan di email terdahulu nilai Y axis hampir mendekati danger, yaitu 7.1 mm/s RMS..Saya tidak mengatakan termasuk danger pak....kalau memang satuannya Peak...yaa..saya sependapat dengan  penjelasan pak Zainal...memang dalam hal ini pak Riki tidak menyertakan apakah nilainya dalam P atau RMS....


Selanjutnya kita lihat standard ISO 10816-3. Berbeda dng mesin umum, iso tsb tdk mengklasifikasi motor listrik berdasar dayanya tapi berdasar tinggi sumbu poros dari dasar. Untuk motor listrik yg tinggi sumbu > 315 mm maka batas getaran danger 7,1 mm/s RMS (rigid support) dan 11 mm/s RMS (flexible support). Untuk motor listrik dng sumbu antara 160 mm sd 315 mm maka batas getaran danger 4,5 mm/s RMS (rigid suppor) dan 7,1 mm/s RMS (flexible support).

Saya menerapkan secara umum untuk motor-motor listrik ditempat saya  batas danger 7.1 mm/s dan alert 2.81 mm/s, semua dalam RMS ....Ini saya lakukan untuk memudahkan saja pada saat setup data base pertama kali...Dan kebetulan sekali semua support mesin-mesin di sini rigid,,,pak...


Jadi motor Pak Riki Sapari (dng getaran 4,3 mm/s rms) menurut sy blm masuk danger. Bahkan dng daya 280 HP (cmiiw) kemungkinan tinggi poros > 315 mm sehingga masuk batas alarm (4,5 mm/s RMS) pun belum!

Saya setuju dng Pak Jono bahwa getaran yg besar pada peralatan listrik akan memperburuk kondisi isolasi shg dpt merusak motor listrik (sy pernah mengalami pada generator 55 hp).

Semoga berguna.

Salam,
ZA

Powered by Telkomsel BlackBerry®


From: JONO <pharjono@gmail.com>
Date: Mon, 19 Sep 2011 09:48:20 +0700
Subject: Re: [Oil&Gas] (Tanya) vibrasi dan temperature body motor

 

Dear pak Riki,



Saya lebih consider terhadap vibrasi yang terjadi, pak...

Di plant saya, ada 2 motor dengan Insulation Class B (130 deg.C) temperatur luarnya , saya ukur di sisi DE adalah 74 deg. C Kalau kita kompensasi seperti yang di jelaskan oleh pak Donny Gustian (saya pernah tau beliau , beliau expert di IR thermograph....mudah-mudahan ini pak Donny Gustian yang saya kenal...apa kabar pak?)

Artinya motor saya yang dua unit tersebut bertemperatur  94 deg.C , Motor sudah beroperasi sejak 1998 (13 tahunan), sampai sekarang Alhamdulillah...masih beroperasi normal.


Kalau pak Riki ada waktu dan data-data yang seperti saya  pernah tuliskan di email terdahulu sudah ada di meja pak Riki,  mohon di share pak.....

Salam,
Jono
Serang
Banten



2011/9/19 Riki Sapari <riki_sapari@yahoo.com>
 

Pak Jono dan Pak Sigit,

Jadi mana yang harus manjeadi 1st priority apakah melihat dari temperature codenya or dari insulation classnya.....? mohon advisenya, Jika menilik dari temperature codenya memang suhu yang diperbolehkan ada motor yaitu 280 Deg C akan tetapi jika melihat dari insulation classnya maksimum suhu adalah 155 Deg C....?
 
Warmest Regards,
RSP






__._,_.___
Recent Activity:
--------------------------------------------------------------
Portal Industri : http://www.migas-indonesia.com
No E-mail (Web) : Migas_Indonesia-nomail@yahoogroups.com
Daily Digest    : Migas_Indonesia-digest@yahoogroups.com
Individual Mail : Migas_Indonesia-normal@yahoogroups.com
Administrator   : Migas_Indonesia-owner@yahoogroups.com
Mirror : http://groups.google.com/group/Migas-Indonesia-Google
Untuk pergantian alamat email dan pengiriman attachment
silahkan hubungi webmaster(at)migas-indonesia.com
HAPUS BAGIAN EMAIL YANG TIDAK DIPERLUKAN SEWAKTU REPLY
PENGIRIMAN ATTACHMENT KE MILIS HARUS MELEWATI ADMINISTRATOR
--------------------------------------------------------------
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment

LinkWithin2

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Jika anda merasa info ini berguna dan ingin mentraktir saya beli minuman, silahkan anda bisa mendonasikan sedikit rezeki anda dengan mengklik link dibawah ini:


Bisnis Tiket Pesawat Online

Disclaimer