0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
MARINE SURVEY

Wednesday, September 21, 2011

Re: [Oil&Gas] Pengemudi biang penyebab kecelakaan lalulintas ?

 

Setuju dengan Pak Zulkifli. Kalau membandingkan sisi safety berlalu lintas dengan negara lain termasuk negara-negara tetangga, sangat besar sekali gap-nya. Kok bisa ya? Padahal rambu-rambu nya hampir sama. Kendaraannya pun kebanyakan serupa. Jalan-jalannya tidak ada komparasi yg terlalu signifikan. Selain berbeda jumlah kendaraannya. Apa culture-nya juga yg berbeda ya?
 
Culture berlalu-lintas kan gerbangnya pembuatan SIM. Sayangnya, saya pun dulu 2 kali gagal lulus tes tertulis SIM C dan gagal 2 kali SIM A tes tertulis juga. Ini belum masuk ke tes praktek lho. Buat SIM A bahkan sebelumnya dikasih pembekalan terlebih dahulu dari tempat kursus. Pertanyaan-pertanyaannya jg ga susah-susah banget, tentang rambu-rambu dan kondisi berlalu lintas. Akhirnya jalan keluarnya cuma satu, SIM nembak deh. Dari yg mau ngehemat uang dan waktu, akhirnya rugi uang plus rugi waktu juga.
 
Saya termasuk orang yg percaya kalau orang-orang Indonesia itu relatif pinter-pinter. Apalagi kalau diberikan pengarahan yg tepat dan contoh yg benar, bisa lebih pinter dari orang bule. Tapi khusus buat culture berlalu-lintas untuk masyarakat umum, tampaknya sampai sekarang belum ada acuan yg kuat buat diadaptasi.
 
Piye toh pak, belok kiri aja masih langsung. Jelas-jelas tandanya "BERI JALAN". Apa harusnya ditulis: "STOP BELOK KIRI HINGGA LAMPU LURUS TELAH HIJAU ATAU MOBIL DARI ARAH KANAN, DEPAN DAN BALIK ARAH DARI KIRI KOSONG"? Tapi masalahnya, kalau kita berhenti memberi jalan, yaa diklakson-klakson lah, dimaki-maki lah. Lah wong katanya belok kiri langsung?
 
Nah giliran kalau kecelakaan saat lebaran meningkat, DPR "hanya" panggil menteri perhubungan buat dimintai keterangan. Dalem hati pak menteri bilang: "SIM bukan orang ane yg keluarin, STNK bukan tanggung jawab lembaga kite juga, ngatur dijalan pun kite bantu-bantu aja. Ko cuma ane ya yg dipanggil DPR?"
 
Semoga suatu saat fondasi berlalu-lintas negeri kita ini bisa mengadopsi safety culture-nya dunia permigasan dengan Journey Management-nya yg kuat. Amin.
 
Mohon maaf jika ada kata yg tidak berkenan.
 
Regards,
Andri M.
 
 
 
 
 
 
 

On Sep 22, 2011, at 8:30, "Zulkifli" <zulhan8@gmail.com> wrote:

 


Kalo bicara sesuai subjek diatas maka saya termasuk yang menjawab "YA", kenapa saya bilang ya, karena sejauh yang saya ketahui kondisi pengendara/pengemudi di negeri ini sangat amat tidak disiplin saat berkendaraan, padahal yang namanya jalan umum adalah milik public, coba kita perhatikan kelakuan pengemudi :

1. Angkot/ mitro mini atau bus...kebanyakan walaupun tidak semua, menurunkan penumpang tidak dipinggir jalan, tujuannya tak lain adalah biar mereka bisa menutup jalan dan menghalangi kompetitor lainnya untuk mendahuluinya...padahal tahu sendiri akibat perbuatan tersebut...selain menyebabkan macet juga juga membahayakan penumpang.

2. Bus2 antar kota antar provinsi yg jarak dekat..coba perhatikan, bukan main gesit dan lincahnya mereka dijalan saat mencari penumpang...bahkan ada kata2 dari kondektur ke supir atau pengendara.."Jengkalin", jadi sopir kalau sudh bisa mengatur jarak sejengkal denga kendaraan lainnya didepan... maka sopir tersebut baru dibilang ahli.

3. Kendaraan pribadi, juga demikian...dijalur tol selalu ambil jalan sebelah kanan, padahal jalur kanan hanya untuk mendahului...atau menggunakan bahu jalan, padahal jalur tersebut untuk keadaan darurat...:)

4. Kendaraan bermotor juga lebih heboh lagi, trotoar yg utk pejalan kaki atau jembatan penyebrangan atau jalur yang berlawanan arah...wah ampun deh semua carut marut kalau sudah dijalan raya.

Mengapa semua ini bisa terjadi...menurut hemat saya karena "Persaingan yg sdh terlalu ketat", "aturan berlalu lintas tidak ditegakkan secara benar dan semestinya" demikian juga terhadap pengusaha bus, metromini atau angkot...:)


Salam bermacet ria

Zlk

Powered by Telkomsel BlackBerry®


Date: Wed, 21 Sep 2011 17:42:19 +0000
Subject: Re: [Oil&Gas] Pengemudi biang penyebab kecelakaan lalulintas ?

 

Saya masih ingat mungkin sekitar 12 tahun yg lalu, Taksi banyak yg ugal2an, kurang sopan, dan banyak kasus perampokan di Taxi, dll. Tapi sekarang perusahaan Taksi berlomba2 memberikan service yg terbaik utk pelanggannya. Dan taksi2 yang "ga jelas" hilang dengan sendirinya... Sampai2 saya ingat waktu itu salah satu taksi "burung biru" mengalami kecelakaan, dan atasannya menghubungi bawahannya, bukan bertanya kondisi mobilnya, tapi bertanya "apakah client kita ada yg terluka?"... Salut dengan gaya management yg seperti ini... Lebih care ke customer.

Sebaiknya supir2 angkot maupun Bis ditraining secara continue bagaimana memberikan service ke pelanggan... Sehingga mindset ugal2annya bisa dikurangi bahkan dihilangkan. Dan petugas lalulintas juga sebaiknya lebih konsisten dengan undang2 lalulintas yg ada sehingga pengemudi2 tersebut lebih berhati2 di jalan.... Dan sebaiknya sebelum mengajukan pembuatan SIM, mereka harus kursus terlebih dahulu shg mereka tahu arti rambu2 dan undang2 lalulintas.

Regards,
YMA

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT


From: saeful sukardi <sukardis@gmail.com>
Date: Wed, 21 Sep 2011 17:01:14 +0700
Subject: [Oil&Gas] Pengemudi biang penyebab kecelakaan lalulintas ?

 

 
karena diskusi lebih mengarah subject di atas, subject nya kita rubah ya.
 
Kalau kita perhatikan pengemudi taksi dan angkutan umum di Jakarta, sekilas kita akan dapat dengan mudah melihat perbedaan yang mencolok baik penampilan maupun pelayanan dari salah satu perusahaan taksi, dimana "secara umum" mereka kelihatan lebih segar dan sopan, bawa mobilnya pun relative lebih aman dibanding yg lain, apalagi dibanding pengemudi bis/metromini/mikrolet/angkot.....ingat lho ini secara umum.
 
Padahal dari teman temen yg banyak pengalaman berurusan dg pekerja, pengemudi katanya yang paling susah diatur apalagi kalau "hanya" urusan keselamatan di jalan, kok bisa ya ?
 
'LET'S MAKE ROAD SAFER"
 
Salam,
 
SS
 
 
 
 
 
 
 

Recent Activity:
--------------------------------------------------------------
Portal Industri : http://www.migas-indonesia.com
No E-mail (Web) : Migas_Indonesia-nomail@yahoogroups.com
Daily Digest    : Migas_Indonesia-digest@yahoogroups.com
Individual Mail : Migas_Indonesia-normal@yahoogroups.com
Administrator   : Migas_Indonesia-owner@yahoogroups.com
Mirror : http://groups.google.com/group/Migas-Indonesia-Google
Untuk pergantian alamat email dan pengiriman attachment
silahkan hubungi webmaster(at)migas-indonesia.com
HAPUS BAGIAN EMAIL YANG TIDAK DIPERLUKAN SEWAKTU REPLY
PENGIRIMAN ATTACHMENT KE MILIS HARUS MELEWATI ADMINISTRATOR
--------------------------------------------------------------
Yahoo! Groups
Switch t

__._,_.___
Recent Activity:
--------------------------------------------------------------
Portal Industri : http://www.migas-indonesia.com
No E-mail (Web) : Migas_Indonesia-nomail@yahoogroups.com
Daily Digest    : Migas_Indonesia-digest@yahoogroups.com
Individual Mail : Migas_Indonesia-normal@yahoogroups.com
Administrator   : Migas_Indonesia-owner@yahoogroups.com
Mirror : http://groups.google.com/group/Migas-Indonesia-Google
Untuk pergantian alamat email dan pengiriman attachment
silahkan hubungi webmaster(at)migas-indonesia.com
HAPUS BAGIAN EMAIL YANG TIDAK DIPERLUKAN SEWAKTU REPLY
PENGIRIMAN ATTACHMENT KE MILIS HARUS MELEWATI ADMINISTRATOR
--------------------------------------------------------------
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment

LinkWithin2

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Jika anda merasa info ini berguna dan ingin mentraktir saya beli minuman, silahkan anda bisa mendonasikan sedikit rezeki anda dengan mengklik link dibawah ini:


Bisnis Tiket Pesawat Online

Disclaimer