0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
MARINE SURVEY

Tuesday, September 20, 2011

Re: [Oil&Gas] Fatigue live meningkat?

 

Rekan-rekan sekalian,
 
terima kasih byk atas sharenya. mudah2an ilmu-pengalamannya terus bermanfaat.
 
iqb


 
2011/9/20 budi setyo <budisp_ci@yahoo.com>
 

Pak Igbal,
Dari Rumus Frekuensi natural dari SDOF sederhana spt dibawah (asumsi, damping tidak ada dan lokasi penambahan masa tidak diperhitungkan)
f_n = \frac{1}{2\pi} \sqrt{\frac{k}{m}} \,
maka variabelnya hanya k (stiffness) dan m (mass).
Dimensi, ukuran dan tebal dari material kaki kaki jacket tidak berubah, sehingga dianggap stifness (k) tidak berubah. Karena ada penambahan berat di deck, yang artinya adanya penambahan massa (m), maka natural frekuensi menjadi lebih kecil (pendek) atau periode natural menjadi lebih besar.

Dalam analisa struktur dengan beban periodik (cyclic loads) yang salah satunya bisa dari beban gelombang, maka yang paling diperhatikan dalam analisa dinamik adalah kedekatan peride natural stuktur dengan periode bebabncyclic (dalam hal ini periode gelombang) itu sendiri. Karena jika berdekatan akan terjadi resonansi, sehingga faktor dynamic DAF (Dynamic Amplification Factor) juga akan meloncat tinggi juga.

Hal ini yang mendasari struktur fixed (spt jacket) didesain cukup rigid, agar periode naturalnya jauh dari periode gelombang utama, sehingga DAF nya juga tidak terlalu berakibat significant ke struktur integritas (CMIIW). Jadi mohon hati hati untuk menambah massa (berat) pada desain bangunan laut, baik fixed, maupun floating.

Matur suwun,
Budi






--- On Mon, 9/19/11, Galih Heru Prasetyo <galihheruprasetyo@gmail.com> wrote:

From: Galih Heru Prasetyo <galihheruprasetyo@gmail.com>
Subject: Re: [Oil&Gas] Fatigue live meningkat? Date: Monday, September 19, 2011, 6:17 PM


 

Pak Iqbal,
 
Menurut saya, kalau yang berubah hanya massa (sehingga mempengaruhi Natural Period),  bisa di check data gelombangnya (scatter diagram), mungkin pada Periode "yg mendekati 3.47 s" dan wave height besar memiliki occurance yg lebih tinggi . CMIIW..
 
Salam,
Galih Heru Prasetyo
2011/9/19 Iqbal M <iqbaloffon@gmail.com>
 

Rekan-rekan sekalian,
 
Mohon advice rekan2 sekalian terkait analisa fatigue di offshore platform. Case sbg berikut:
1. Platform empat kaki
2. kedalaman air sekitar 60m
 
dengan adanya bbrp perubahan di topside maka dilakukan analisa ulang thd fatigue di Jacket. Jacket tetap sama, hanya topside yg berubah
 
Muncul pertanyaan, mengapa hasil analisa ulang mnunjukkan fatigue life naik hampir 2 kali lipat di joint2 jacket. padahal member di jacket tsb tetap sama size dan thicknessnya?
 
sbg info tambahan:
1. Analisa awal.  converted load for modal analysis = 3290 mton. periode natural = 3.47 secs
2. Analisa ulang. converted load for modal analysis = 3565 mton. periode natural = 3.66 secs
 
Mohon advice rekan-rekan. mengapa hal ini bisa terjadi? Saya masih awam terkait fatigue.
 
Trm ksh sebelumnya
 
 
Iqb




--
Regards,
Galih Heru Prasetyo
Offshore Structural Engineer


__._,_.___
Recent Activity:
--------------------------------------------------------------
Portal Industri : http://www.migas-indonesia.com
No E-mail (Web) : Migas_Indonesia-nomail@yahoogroups.com
Daily Digest    : Migas_Indonesia-digest@yahoogroups.com
Individual Mail : Migas_Indonesia-normal@yahoogroups.com
Administrator   : Migas_Indonesia-owner@yahoogroups.com
Mirror : http://groups.google.com/group/Migas-Indonesia-Google
Untuk pergantian alamat email dan pengiriman attachment
silahkan hubungi webmaster(at)migas-indonesia.com
HAPUS BAGIAN EMAIL YANG TIDAK DIPERLUKAN SEWAKTU REPLY
PENGIRIMAN ATTACHMENT KE MILIS HARUS MELEWATI ADMINISTRATOR
--------------------------------------------------------------
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment

LinkWithin2

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Jika anda merasa info ini berguna dan ingin mentraktir saya beli minuman, silahkan anda bisa mendonasikan sedikit rezeki anda dengan mengklik link dibawah ini:


Bisnis Tiket Pesawat Online

Disclaimer