Pak prajudi,
Yang menjadi masalah utama adalah pasokan gasnya pak. Saat ini hulu memasok gas untuk BBG (di jabodetabek) itu dgn harga $4.37/mmbtu, blum dipotong dgn toll fee pipa, hulu hanya menerima harga +/- $2/mmbtu.
Jadi, bagaimana sekarang hulu mau tertarik untuk memasok gas ke sektor transportasi kalau dari sisi harga saja tidak menarik? (Ini asumsi harga retail Rp. 3100/lsp) yang harganya dipatok maksimum oleh pemerintah.
Mudah-mudahan alokasi gas ini memang bisa dialokasikan untuk transportasi, sesuai dengan cita2 pak prajudi. Dan pemerintah mau memberikan subsidi harga gas bukan di hilir, tapi di hulu/upstream.
Yang menarik untuk didiskusikan, mana lebih penting multiplier effectnya? Gas untuk industri? Atau gas untuk transportasi?
Salam,
-adi-
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Subsidi Bahan Bakar Minyak setiap tahun terus meningkat...dan itu menjadi keluhan pemerintah setiap tahun ,tidak ada habisnya seperti meminum air asin di laut.
Untuk mengatasi haltersebut salah satu alternatif adalah mungkin kita semua di KMI harus segera mendorong dan merumuskan Bahan Bakar Gas (CNG) untuk digunakan secara bertahap dapat digunakan kepada transportasi public (busway, taksi dll), kendaraan pribadi. Minimal program ini harus di paksakan uji cobanya di JABODETABEK. Jadi bukan hanya sekedar wacana terus, tetapi harus diimplemantasikan dan terus dikembangan secara berkesinambungan. Mohon shering kepada kawan-kawan KMI...
Go Green.
Prajudi
Portal Industri : http://www.migas-indonesia.com
No E-mail (Web) : Migas_Indonesia-nomail@yahoogroups.com
Daily Digest : Migas_Indonesia-digest@yahoogroups.com
Individual Mail : Migas_Indonesia-normal@yahoogroups.com
Administrator : Migas_Indonesia-owner@yahoogroups.com
Mirror : http://groups.google.com/group/Migas-Indonesia-Google
Untuk pergantian alamat email dan pengiriman attachment
silahkan hubungi webmaster(at)migas-indonesia.com
HAPUS BAGIAN EMAIL YANG TIDAK DIPERLUKAN SEWAKTU REPLY
PENGIRIMAN ATTACHMENT KE MILIS HARUS MELEWATI ADMINISTRATOR
--------------------------------------------------------------




No comments:
Post a Comment