Kang Yaya,
Terima kasih atas kirimannya.
Hasil penelitian lembaga yg kompeten menunjukan bahwa secara umum design jalan jalan di Indonesia memang termasuk dalam katagori tidak aman, urutan 7 diantara 10 negara ASEAN (diluar TimTim), kalah aman dibanding Kamboja dan Myanmar, sehingga tidak heran kalau design jalan menjadi salah satu penyebab dominan kecalakaan lalin di negara kita tercinta ini (statistik bisa dilihat pada bahan presentasi seminar Road Safety yg bisa di unduh disini: http://www.migas-indonesia.net/index.php?option=com_docman&task=cat_view&gid=53&Itemid=42).
Saya yakin instansi terkait sedang berjuang utk memperbaiki keadaan tersebut seperti inisiatif yg oleh dilakukan Dept. PU unit Keselamatan jalan atas dukungan AUSAID. (laporannya bisa diunduh di web. nya BAPENAS/sy forward kalau ada yg tertarik).
Kita bisa terus mengkritisi pemerintah untuk memperbaiki keadaan tersebut........ tentu saja belum tentu didengar, jadi sebagai pemakai jalan suka tidak suka kondisi tersebut harus kita hadapi dimana apabila ditambah dengan perilaku tidak aman pemakai jalan yang lain, tidak salah apabila sebagian orang menganalogi-kan jalan di sekitar kita sebagai "medan pertempuran" (korbannya >30,000/tahun jiwa melayang !!!).
Agar bisa selamat banyak orang terfokus utk hanya melindungi diri/kendaraannya agar tidak terluka/rusak (helm, body protector, seat belt dll. yg kadang sering salah kaprah, coba amati truk truk besar, metromini, bis umum dll. banyak yg dipasangi tanduk (bemper yg dimodifkasi) yang justru menjadi alat pembunuh dan tentu saja banyak cara cara lain yang kadang aneh.
Ada yang mau share bagaimana perusahaan anda mengelola Road Safety ?
Untuk Kang Yaya,
Mudah2an Info dibawah sdh diteruskan ke Dept. HSSE & Logistic AMI dimana Kang Yaya bekerja agar mereka bisa merevisi RHM & JMP untuk rute tersebut.
"Lets Make Road Safer"
Salam,
Saeful
2011/9/9 yaya satrian <yayas@ami.co.id>
Subject: Tol Purbalenyi: ada 5 titik kerawanan
Kepala Divisi Pengemudi Travel CityTrans Ananta Nur, mengemukakan bahwa Tol Purbaleunyi memiliki 5 titik rawan dan 7 titik rawan amblas. "Dari kajian kami, POTENSI UTAMA KECELAKAAN DI KM 92 - 104," Kata Ananta.
1. km 92 - km 93, dari Jakarta menuju Bandung. "Disana terdapat 2 tikungan tajam dengan sudut sekitar 80 derajat selepas jalan menurun dengan kecuraman 20 derajat". Pengemudi yang tidak berpengalaman biasanya kesulitan mengemudikan kendaraan saat hendak melewati tikungan itu.
2. km 95, jalan lurus dengan panjang sekitar 2 km. Dititik ini, pengemudi biasanya mudah mengantuk akibat jenuh melintasi jalan lurus
3. km 96 - km 97, RUTE PALING RAWAN, karena kontur jalan menurun dengan kecuraman 20 derajat dilanjutkan dengan tikungan tajam 70-80 derajat. Kecepatan diatas 100 km per jam, pengemudi berpotensi kehilangan kendali.
4. km 101- km 103. Di jalan lurus sepanjang 2 km, banyak kendaraan yang kehilangan keseimbangan saat melintas km 100. Penyebabnya adalah sambungan jembatan yang lebih rendah ketimbang jalan utama.
5. km 104. Jalan ini berupa tikungan tajam sekitar 80 derajat
Semoga bermanfaat buat rekan-rekan yang sering wara-wiri Jakarta-Bandung Via Tol Cipularang, boleh di share ke teman yang lain *berbagiinfo
*Dirangkum dari Koran Kompas 8 September 2011, Judul : Tol Purbaleunyi Perlu Dianalisis.
__._,_.___
--------------------------------------------------------------
Portal Industri : http://www.migas-indonesia.com
No E-mail (Web) : Migas_Indonesia-nomail@yahoogroups.com
Daily Digest : Migas_Indonesia-digest@yahoogroups.com
Individual Mail : Migas_Indonesia-normal@yahoogroups.com
Administrator : Migas_Indonesia-owner@yahoogroups.com
Mirror : http://groups.google.com/group/Migas-Indonesia-Google
Untuk pergantian alamat email dan pengiriman attachment
silahkan hubungi webmaster(at)migas-indonesia.com
HAPUS BAGIAN EMAIL YANG TIDAK DIPERLUKAN SEWAKTU REPLY
PENGIRIMAN ATTACHMENT KE MILIS HARUS MELEWATI ADMINISTRATOR
--------------------------------------------------------------
Portal Industri : http://www.migas-indonesia.com
No E-mail (Web) : Migas_Indonesia-nomail@yahoogroups.com
Daily Digest : Migas_Indonesia-digest@yahoogroups.com
Individual Mail : Migas_Indonesia-normal@yahoogroups.com
Administrator : Migas_Indonesia-owner@yahoogroups.com
Mirror : http://groups.google.com/group/Migas-Indonesia-Google
Untuk pergantian alamat email dan pengiriman attachment
silahkan hubungi webmaster(at)migas-indonesia.com
HAPUS BAGIAN EMAIL YANG TIDAK DIPERLUKAN SEWAKTU REPLY
PENGIRIMAN ATTACHMENT KE MILIS HARUS MELEWATI ADMINISTRATOR
--------------------------------------------------------------
MARKETPLACE
.
__,_._,___




No comments:
Post a Comment