0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
MARINE SURVEY

Wednesday, August 3, 2011

Re: [Oil&Gas] Komunikasi Anti Lebay

 

setuju 100 % dengan pak Dirman, sebagai orang teknik bahasa kita adalah bahasa gambar/simbol ;)
 
Thanks
Ari

From: Dirman Artib <dir.art@gmail.com>
To: Migas_Indonesia@yahoogroups.com
Sent: Thursday, August 4, 2011 2:43 AM
Subject: Re: [Oil&Gas] Komunikasi Anti Lebay

 
Engineer to Engineer komunikasi pakai drawing aja, pasti efektif :) :)
Makanya kalau komunikasi pakai specification bisa-bisa berantem, karena beda-beda interpretasi.

Salam,

d'Art.

2011/8/3 mowsaku <mowsaku@yahoo.com>
 
Bagaimana agar komunikasi  terkesan efektif dan tidak berlebih lebihan (lebay) ?.
Pernahkah kita berbicara kepada seseorang dengankata kata yang menurut kita sudah bagus dan dalam jumlah kalimat yang cukup banyak namun ternyata orang tersebut tidak bisa menangkap  apa yg kita sampaikan bahkan menolak untuk melakukan apa yang kita minta ?. Kenapa bisa begitu ? . Kata Prof. Dr. Johanes Surya,
" Tidak Ada Murid yang Bodoh, Akan tetapi Murid yang Tidak Mendapatkan Kesempatan Belajar dari Guru yang Baik dan metode yang benar".
Padahal saat kita berkomunikasi, kita seperti seorang guru yang sedang menjelasan sesuatu pada muridnya. Namun sudahkah kita menjadi guru yang baik dengan cara komunikasi penyampaian yang efektif ?. Lantas,Bagaimana cara komunikasi yang efektif dan anti lebay ?.
Berikut ini adalah 7 tips komunikasi efektif anti lebay yang diambil dari berbagai sumber.
  1. Otomatiskan Komunikasi Anda
Satu hal yang bisa mengotomatisasikan komunikasi terbaik kita dengan seseorang adalah MINAT. Bagaimana mungkin kita berkomunikasi dengan orang yang pada dasarnya kita tidak mau untuk berkomunikasi dengannya.
  1. Bayangkan Hanya yang Anda Inginkan
Seperti apa suasana dan proses komunikasi kita dengan bos, atau calon mertua kita, yang kta inginkan ?.  Kita bisa mulai dengan MEMBAYANGKAN YANG TERBAIK sehingga proses komunikasi berjalan denagn lancar, aman dan terkendali, sesuai dengan yang kita nginkan….:).
"Begin with the end of mind" (Stephen R. Covey)
  1. Katakan Hanya yang Anda Inginkan
Setiap kata akan memicu pikiran untuk membayangkan sesuatu. Lihat bedanya pada 2 kalimat dibawah ini:
    1. Besok pasti kamu tidak bisa datang ya karena sibuk ?
    2. Besok kamu past bisa datang kan ya untuk acara yang sangat penting bagi kita itu?
Setiap kaimat dalam komunikasi bisa kita atur agar lebih mendekati dengan apa yang kita inginkan.  
  1. Kenali baru Katakan
"People do business with people they like". 
Bagaimana mungkin kita bisa berkomunikasi dengan seseorang yang kita tidak suka, tidak memiiki kesamaan, atau bahkan tidak kita kenal. Justru agar kenal kita perlu menciptakan sinyal yang sama agar semakin akrab. Bisa dimulai dengan mencari cari kesamaan/ minat hingga melakukan teknik mirroring atau menyamakan posisi tubuh dengan lawan bicara. Sehingga dengan sendirinya akan memicu keakraban, rasa suka, minat, dan koumunikasi yang hangat dan  menyenangkan.
  1. Gunakan Bahasa Membumi
Bukan seberapa pintar atau luas pengetahuan kita, namun mampukah kita menebar manfaat dan menyampaikan pengetahuan tersebut kepada orang yang level kecerdasannya diatas kita bahkan dibawah kita, dengan pilihan kata yang tepat dan mudah dimengerti . Bahkan lebih hebat lagi kalau bisa bersabar ketika berkomunikasi dengan seseorang yang level  penerimaan informasinya sangat rendah.  Itu namanya baru cerdas holistik/ menyeluruh.
 
  1. 1 Mulut, 2 Telinga
Sebuah kutipan menarik :
"Pembicara yang baik adalah mereka yang mampu membuat lawan bicaranya tetap terus berbicara".
Itulah mungkin hikmah diciptakannya 2 telinga lebih banyak daripada 1 bibir, bahwa seorang komunikator handal adalah dia yang mampu menundukan egonya dengan banyak mendengarkan apa yang dikatakan lawan bicaranya dahulu, baru berbicara disaat yang tepat (seperti para presenter handal di acara Talkshow).  
  1. Bukan yang Anda Katakan
Ada sebuah judul buku yang sangat bagus sekali,
"Communication is NOT what you SAY,but What They HEAR".
Artinya fokuslah hanya pada apa yang akan orang dengarkan lalu pikirkan, rasakan, dan lakukan setelah mendengar apa yang kita katakan. Empati adalah kuncinya
 
Salam safety para rekan komunikator handal…J
Sumber: Lorco.co.id
(Silahkan membagikan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber aslinya)
By Widi Safari
 



__._,_.___
Recent Activity:
--------------------------------------------------------------
Portal Industri : http://www.migas-indonesia.com
No E-mail (Web) : Migas_Indonesia-nomail@yahoogroups.com
Daily Digest    : Migas_Indonesia-digest@yahoogroups.com
Individual Mail : Migas_Indonesia-normal@yahoogroups.com
Administrator   : Migas_Indonesia-owner@yahoogroups.com
Mirror : http://groups.google.com/group/Migas-Indonesia-Google
Untuk pergantian alamat email dan pengiriman attachment
silahkan hubungi webmaster(at)migas-indonesia.com
HAPUS BAGIAN EMAIL YANG TIDAK DIPERLUKAN SEWAKTU REPLY
PENGIRIMAN ATTACHMENT KE MILIS HARUS MELEWATI ADMINISTRATOR
--------------------------------------------------------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment

LinkWithin2

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Jika anda merasa info ini berguna dan ingin mentraktir saya beli minuman, silahkan anda bisa mendonasikan sedikit rezeki anda dengan mengklik link dibawah ini:


Bisnis Tiket Pesawat Online

Disclaimer