0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
MARINE SURVEY

Saturday, April 30, 2011

Re: [Oil&Gas] [PRESSURE VESSEL] Openings in Or Adjacent to Welds

Sebisa mungkin opening nya digeser...
kalau memang terpaksa opening adjacent ke welds, amannya minta full radiography seam weld nya.
ASME Div.1 nyebut nya welding pada posisi adjacent boleh2 saja dan mungkin ada dalam sambungan .....

--- Pada Sab, 30/4/11, Faisal Reza <faisalreza.sby@gmail.com> menulis:

Dari: Faisal Reza <faisalreza.sby@gmail.com>
Judul: Re: [Oil&Gas] [PRESSURE VESSEL] Openings in Or Adjacent to Welds
Kepada: Migas_Indonesia@yahoogroups.com
Tanggal: Sabtu, 30 April, 2011, 5:48 AM

saya kira pendapat dibawah sangat bagus...betul di long seam mgkin ada bebebrapa conditions yg harus diperhatikan karena las lasan juga plus stress yg lebih besar tapi bukan berarti stress yg lebih besar itu besar karena referensinya adalah circum. seam.
menurut saya tetep tidak ada masalah asal semua weldment di cek dan diperiksan secara sesama dan beberapa kondisi2 di ASME perlu dituruti, juga mgkin bisa diperhatikan sampai berapa pressure design nya. pada kenyataannya disini saya ada beberapa lihat opening di weldment.
dan saya baca lagi dari ASME advisor (yg saya kirim beberapa hari lalu), penjelasannya hampir sama dari saya utarakan pertama kali.
salam
faisal

2011/4/29 faizal rizki <rizkifaizal@yahoo.com>

Berdasarkan ASME VIII div.1 UW-14

UW-14(a) Any type of opening that meets the requirementsfor reinforcement given in UG-37 or UG-39 may be located in a welded joint.

UW-14(b) Single openings meeting the requirements given in UG-36(c)(3) may be located in head-to-shell or Category B or C butt welded joints, provided the weld meets the radiographic requirements in UW-51 for a length equal to three times the diameter of the opening with the center of the hole at midlength. Defects that are completely removed in cutting the hole shall not be considered in judging the acceptability of the weld.

UW-14(c) In addition to meeting the radiographic requirements of (b) above, when multiple openings meeting the requirements given in UG-36(c)(3) are in line in a head-to-shell or Category B or C butt welded joint, the requirements of UG-53 shall be met or the openings shall be reinforced in accordance with UG-37 through UG-42.

UW-14(d) Except when the adjacent butt weld satisfies the requirement for radiography in (b) above, the edge of openings in solid plate meeting the requirements of UG-36(c)(3) shall not be placed closer than 12 in. (13 mm) from the edge of a Category A, B, or C weld for material 112 in. (38 mm) thick or less.

Dari UW-14 tidak di state secara mendetail soal opening tepat di weld category A (longitudinal seam). Kalau persepsi saya mungkin karena stress yang timbul di bagian longitudinal seam besarnya 2 kali lebih besar dari stress yang timbul di circumferential seam, bisa dilihat dari rumus SL = PD/4t, sedangkan Sc =PD/2t. Jadi di longitudinal seam adalah sambungan yang paling memerlukan perhatian utama, oleh karena itu ASME VIII Div.1 di UW-2 nya mensyaratkan kalau weld category A(di bagian longitudinal seam) harus memakai weld type 1.

Jadi untuk peletakan nozzle di bagian longitudinal seam nya saya rasa cukup riskan, selain itu jika dilakukan juga memerlukan inspeksi yang cukup ketat dan tentunya memakan biaya dan berhadapan dengan resiko yang dijelaskan pak dirman, lebih baik mungkin untuk merute ulang piping nya.




From: Dirman Artib <dir.art@gmail.com> Sent: Thu, April 28, 2011 3:04:56 PM

Subject: Re: [Oil&Gas] [PRESSURE VESSEL] Openings in Or Adjacent to Welds

Jika ada 2 pilihan yang dibolehkan oleh standard, lakukanlah Cost-Benefit

Analysis.
Mana yg lebih rendah cost nya, dan paling tinggi benefitnya, itu yang
diambil.
Cost thd "exposure risk" misalnya cara yang ada tidak mampu mengendalikan
"potential risk", maka cost of poor quality akan melejit sampai ke batas
cost of pengadaan PV baru. Cost escalation juga harus dipertimbangkan
misalnya, dengan tidak tersedianya PV selang waktu tertentu, maka kerugian
juga mulai dihitung bersama waktu.

Berapa percentage untuk menjamin fitters, welders tidak akan membuat
kesalahan saat opening dan fit-up new nozzle pada PV yg sudah berumur?
Berapa percentage untuk menjamin bahwa material PV dan welding line tsb.
akan memenuhi kondisi yang diharpkan Tuan ASME ?

Sebenarnya ada pilihan ke3, yaitu membuat routing baru yang nantinya akan
ada acara shutdown saat tie-in.

Salam,

d'Art.

2011/4/27 <jagoanneon11@gmail.com>

> Betul Mas Apriadi, weld category A tdk disebut boleh oleh ASME VIII Div. 1.
>
> Kebanyakan spek pemilik tidak menginginkan opening diatas lasan walaupun
> diberi kelonggaran oleh ASME krn, salah satu alasan, adanya pelemahan di
> HAZ. Ekstrimnya, pemilik membatasi jarak min antar lasan dan opening.
>
> Salam,
>
> Gathot

__._,_.___
*|begin egp html banner|**| -->
Recent Activity:
--------------------------------------------------------------
Portal Industri : http://www.migas-indonesia.com
No E-mail (Web) : Migas_Indonesia-nomail@yahoogroups.com
Daily Digest : Migas_Indonesia-digest@yahoogroups.com
Individual Mail : Migas_Indonesia-normal@yahoogroups.com
Administrator : Migas_Indonesia-owner@yahoogroups.com
Mirror : http://groups.google.com/group/Migas-Indonesia-Google
HAPUS BAGIAN EMAIL YANG TIDAK DIPERLUKAN SEWAKTU REPLY
PENGIRIMAN ATTACHMENT KE MILIS HARUS MELEWATI ADMINISTRATOR
--------------------------------------------------------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment

LinkWithin2

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Jika anda merasa info ini berguna dan ingin mentraktir saya beli minuman, silahkan anda bisa mendonasikan sedikit rezeki anda dengan mengklik link dibawah ini:


Bisnis Tiket Pesawat Online

Disclaimer