0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
MARINE SURVEY

Monday, May 2, 2011

Re: [Oil&Gas] (electric) mohon bantuan starting motor

 

Jawaban Pak Triez di bawah sudah cukup, sebaiknya di study dulu dengan ETAP utk startingnya.
kalau dari hasil ETAP voltage drop masih dalam toleransi dan duit tidak masalah, pakai Soft Starter lebih bagus.

Saya pernah ngerjakan beberapa motor 5.8MW hanya dengan sistem DOL dengan voltage 13.8kV..


 
@rton

http://www.flickr.com/photos/artonpower/
http://artonpower.multiply.com/

From: Triez <trisworo99@yahoo.com>
To: Migas_Indonesia@yahoogroups.com
Sent: Friday, April 29, 2011 7:59 PM
Subject: Re: [Oil&Gas] (electric) mohon bantuan starting motor

 
Dear Mas/ Pak Didik,

Sebelum di jawab boleh tahu motor sebesar itu buat apa? apa buat transfer atau booster pump?
Sebenernya untuk menetukan sebuah starter sangat complicated.Yang pertama, coba lihat dulu Client spec, biasanya klo bapak di EPC, client spec sudah menetukan batasan range tegangan untuk penggunaan medium maupun low voltage termasuk philosphy design untuk starternya. Biasanya requirement dari proses yang kita minta lebih dahulu, seperti cooler dan lain2 bisa jadi menggunakan VFD/VSD walapun klo louver sistemnya harus menyesuaikan temperature karena proses menghendaki kesetabilan proses dari cooling system semisal. Begitu juga dengan transfer pump maupun truckloading yg menghendaki pengaturan flowrate dari sistem batchcontroller.
Yang kedua, tentunya hitung FLA dan arus startingnya untuk melihat dan menetukan availability starter yang akan digunakan di pasaran. Ini bisa di lakukan dengan menggunakan ETAP ataupun perhitungan manual tentunya. Belum tentu hasil kalkulasi available dengan market walaupun sacara analisa bisa, jadi bapak harus melaakukan seleksi ulang dengan jenis starter yang lain, seperti DOL , auto trafo, start delta maupun sofstart. Hal ini bisa di kondisikan dengan cost atau budgeting, yang pada intinya hasilnya adalah design yang safe, efective dan effesien. Saat analisa ETAP, silahkan libatkan comissioning engineer untuk analisa sequence starting motor. Buat saja klo mau cepat gunakan Lump Load untuk motor2 berating kecil, dengan asumsi DOL dan locked rotor starting aman ( 600%-700%). Untuk motor2 berdaya besar biasanya memerlukan perlakuan khusus karena analisa Load Flow untuk sequence bersamaan akan mengabsorbed daya yang sangat besar sehingga mengakibatkan Drop pada Bus system di Switchgear. Sequence ini juga harus merujuk Sub system list tentunya dan pertimbangan dari process disciplines.
Untuk motor dengan spek 1600 kw, 6 kV dengan kondisi secure system seperti permintaan bapak di bawah tentu harus disiapak dedicated lines keculai sequence yang saya sebutkan diatas disetujui dari process. Klo hanya ada 1 atau 2 motor tentunya tidak akan begitu susah melakukan Transient Analysis di ETAP. Jadi mungkin analisa hanya Load flow, Short circuit dan Motor Stating tentunya tidak akan begitu rumit karena tidak berkaitan dengan banyak motor.
Coba  lakukan analisa dulu seperti diatas, mas / pak didik. Itu hanya saran saya saja. Silahkan juga baca design practice/handbook untuk mempermudah atau membantu analisa dari oil and gas standard.

Semoga membantu.

salam,

Triez


From: didik blora <die_4051@yahoo.com>
To: Migas_Indonesia@yahoogroups.com
Sent: Thu, April 28, 2011 11:21:42 AM
Subject: [Oil&Gas] (electric) mohon bantuan starting motor

 
kepada Rekan-Rekan Mohon bantuannya.
mohon masukan starting motor methode yang tepat untuk motor dengan spesifikasi sebagai berikut:
daya motor 1600 KW akan di pasang pada jala-jala 6 KV.
apa metode starting motor yang tepat agar motor padaa saat start tidak mengganggu sistem.
mohon bantuaanya, terima kasih..

Didik Aprianto
_

__._,_.___
Recent Activity:
--------------------------------------------------------------
Portal Industri : http://www.migas-indonesia.com
No E-mail (Web) : Migas_Indonesia-nomail@yahoogroups.com
Daily Digest    : Migas_Indonesia-digest@yahoogroups.com
Individual Mail : Migas_Indonesia-normal@yahoogroups.com
Administrator   : Migas_Indonesia-owner@yahoogroups.com
Mirror : http://groups.google.com/group/Migas-Indonesia-Google
HAPUS BAGIAN EMAIL YANG TIDAK DIPERLUKAN SEWAKTU REPLY
PENGIRIMAN ATTACHMENT KE MILIS HARUS MELEWATI ADMINISTRATOR
--------------------------------------------------------------
MARKETPLACE

Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment

LinkWithin2

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Jika anda merasa info ini berguna dan ingin mentraktir saya beli minuman, silahkan anda bisa mendonasikan sedikit rezeki anda dengan mengklik link dibawah ini:


Bisnis Tiket Pesawat Online

Disclaimer