0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
MARINE SURVEY

Monday, May 2, 2011

Re: [Oil&Gas] Cek korosi DT 2" dan elbow?

 

biasanya untuk daerah elbow inspector full scanning dengan UT, dari full
scaning ini kemudian di di Verifikasi lebih lanjut dengan melokalisasi
temuanya untuk reduction wall loss dan posisinya.apabila temuan setitik jarum
dan masih ragu dengan temunya kita biasanya double cek dengan radiograpy untuk
pembanding . kalo korosi biasanya terjadi untuk elbow elboe yg aliranya stagnan
, tapi biasanya untuk elbow kebanyakan korosi erosi ada yg dalam hitungan jam
leak. atau hitungan beberapa hari . bahkan ssampe tahunan .. tergantung situasi
dan kondisi dari fluidanya... bila sudah combine antara pasir dan liquid
biasanya hanya memerlukan waktu singkat untuk membuat terkikis...
Kira kira elbow berapa inchikah ini ?

Regards
HD

________________________________
From: Faisal Reza <faisalreza.sby@gmail.com>
To: Migas_Indonesia@yahoogroups.com
Sent: Mon, May 2, 2011 2:45:21 PM
Subject: Re: [Oil&Gas] Cek korosi DT 2" dan elbow?

sebenernya kalau NDT nya biasa saja pakai UT...

tapi kegagalan deteksi kadang inspektornya males.....

begini biasanya inspektor memeriksa UT hanya posisi jam 12....3....6....9 sudah
itu aja...padahal kalau korosi bisa terjadi diantara posisi2 tersebut...

jadi kalau suruh inspektor nya buat inspeksi terutama bagian2 elbow...pada
stagnant point atau yg dirasa ada faktor sand atau flow indced corrosion (high
velocity/mass transfer)....buat pada seluruh posisi dan dilkakuan secara
keseluruhan secara merata dan lebih detil....

Install pada upstream line nya ...sand probe....dan lihat data histroy P, T, V
maka bisa dihitung flow rate atau velocity pada elbow2 tsb....

lihat keadaan luar juga...vibrasi....external deposit dan lain sebagainya....

saya pernah kita juga pakai leak thermal detection....tapi susah ngebedai mana
yg korosi...mana yg deposit tapi beagusnya kita bisa lihat paling tidak ada
anomali....

terus masalah inhibitor di hold dulu...lakukan failure investigasi....kalau2
bener2 erosion dominant (sand) ....nggak semudah itu pakai chemical
inhibitor....

inhibitor agak susah ngecakup topside atau piping sebab sukar utk mengetahui
flow regime ...padahal inhibor bisa bekerja kalau kita tahu flow regime...

jadi bisa dicari dulu root cause nya baru nanti kita lihat apa yg terbaik
mitigasinya

jadi kirimkan elbow yg leak sesuai prosedur failure analysis...yg saya kemukakan
sebelumnya dulu...

salam

faisal

__._,_.___
Recent Activity:
--------------------------------------------------------------
Portal Industri : http://www.migas-indonesia.com
No E-mail (Web) : Migas_Indonesia-nomail@yahoogroups.com
Daily Digest    : Migas_Indonesia-digest@yahoogroups.com
Individual Mail : Migas_Indonesia-normal@yahoogroups.com
Administrator   : Migas_Indonesia-owner@yahoogroups.com
Mirror : http://groups.google.com/group/Migas-Indonesia-Google
HAPUS BAGIAN EMAIL YANG TIDAK DIPERLUKAN SEWAKTU REPLY
PENGIRIMAN ATTACHMENT KE MILIS HARUS MELEWATI ADMINISTRATOR
--------------------------------------------------------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment

LinkWithin2

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Jika anda merasa info ini berguna dan ingin mentraktir saya beli minuman, silahkan anda bisa mendonasikan sedikit rezeki anda dengan mengklik link dibawah ini:


Bisnis Tiket Pesawat Online

Disclaimer