0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
MARINE SURVEY

Monday, November 14, 2011

[Oil&Gas] [news] [EBT] Pemkab Yalimo Usulkan Pengembangan PLTMH

 

EBTKE—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Yalimo mengusulkan kepada Direktorat Jenderal  Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi untuk dapat membantu pembangunan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Mikro Hidro di tiap wilayah distrik yang terdapat di kabupaten Yalimo serta wilayah-wilayah pengembangan lainnya.
Rombongan Pemkab Yalimo ini diterima oleh Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), didampingi oleh Kepala subdirektorat aneka energi baru terbarukan (EBT), Satriyo Hadipurwo di Kantor Ditjen EBTKE, Jakarta.
Alasannya kabupaten ini memiliki potensi air sungai, selain itu juga merupakan salah satu program bupati Yalimo yaitu Yalimo Terang. Potensi-potensi tersebut terdapat di delapan distrik yaitu diantaranya  Apalapsilli-Elelim yaitu sungai Lek dengan prakiraan daya 977 kilowatt (KW), sungai Biru (Elelim) dengan prakiraan daya 106 KW, sungai Naiknawak (Apalapsilli) prakiraan daya yang tersimpan 50 KW, sungai Habal (Elelim) prkairaan daya 50 KW, sungai Bogo (Benawa) prakiraan daya 50 KW, sungai Yahuli(Welarek) prakiraan daya 50 KW, Hilling (Elelim) prakiraan daya 50 KW serta sungai Bion (Abenaho) prakiraan daya juga 50 KW.
Dari kedelapan sungai yang berpotensi ini baru satu distrik yang disetujui untuk dilakukan pengembangan yaitu di sungai Habal distrik Elelim pasalnya di distrik tersebut aliran listrik belum memadai, meskipun ada pasokan berbahan solar yang harganya mencapai Rp37.500 perliter. Untuk anggaran sudah diajukan ke Dirjen Anggaran sebesar Rp12 miliar  dan akan masuk dalam RKA-KL KESDM tahun anggaran 2012.
Sementara untuk sungai Hilling sesungguhnya telah mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) pada tahun anggaran 2011 ini, tetapi nominalnya tidka mencukupi untuk mengembangkan secara keseluruhan mengingat alokasinya hanya Rp4 miliar sehingga cukup untuk membuat bendungan saja.
Kabupaten Yalimo terbentuk dengan Undang-Undang (UU) No.04 tahun 2008, yang merupakan kabupaten pemekaran kabupaten Jayawijaya. Secara umum wilayah kabupaten ini terletak pada wilayah darat, lereng, gunung, lembah dengan kondisi topografi umumnya bergelombang dan berbukit sedangkan permukaan agak landai  dan datar serta berada pada bagian cekungan.
Selain itu juga tergolong sebagai daerah basah dengan rata-rata curah hujan tahunan berkisar dari 3.000-6.000 mm. Hujan hampir terjadi setiap hari dua hari sekali, dengan rata-rata curah hujan tahunan diatas 4.000 mm mencakup seluruh wilayah distrik Abenaho, Apalpsilli dan Welarek serta sekitar 50 persen wilayah distrik Elelim. Sedangkan lahan dengan rata-rata curah hujan tahunan antara 3.000-4.000 mm mencakup hampir seluruh wilayah distrik Benawa dan sekitar 50 persen dimiliki oleh wilayah distrik Elelim.
Sememtara untuk potensi air sungai, kabupaten Yalimo memiliki sungai yang airnya agak keruh sampai keruh, aliran airnya deras, dengan buaian/fluktuasi debit air sungai antara musim penghujan, kemarau diperkirakan cukup tinggi. Sebagian besar wilayah kabupaten ini tergolong langka air tanah, maka peranan air sungaisebagai sumber air bersih bagi masyarakat menjadi sangat vital tetapi perlu dilakukan penjernihan terlebih dahulu. Kondisi ini sangat disayangkan, karena hampir seluruh wilayah Yalimo memiliki bentang alam yang terjal, maka air sungai akan sulit didistribusikan dengan pipanisasi, kecuali di beberapa tempat di daerah pedataran teras Aluvial seperti misalnya di lembah Elelim.

__._,_.___
Recent Activity:
--------------------------------------------------------------
Portal Industri : http://www.migas-indonesia.com
No E-mail (Web) : Migas_Indonesia-nomail@yahoogroups.com
Daily Digest    : Migas_Indonesia-digest@yahoogroups.com
Individual Mail : Migas_Indonesia-normal@yahoogroups.com
Administrator   : Migas_Indonesia-owner@yahoogroups.com
Mirror : http://groups.google.com/group/Migas-Indonesia-Google
Untuk pergantian alamat email dan pengiriman attachment
silahkan hubungi webmaster(at)migas-indonesia.com
HAPUS BAGIAN EMAIL YANG TIDAK DIPERLUKAN SEWAKTU REPLY
PENGIRIMAN ATTACHMENT KE MILIS HARUS MELEWATI ADMINISTRATOR
--------------------------------------------------------------
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment

LinkWithin2

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget
Jika anda merasa info ini berguna dan ingin mentraktir saya beli minuman, silahkan anda bisa mendonasikan sedikit rezeki anda dengan mengklik link dibawah ini:


Bisnis Tiket Pesawat Online

Disclaimer