0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
MARINE SURVEY

Tuesday, October 25, 2011

Re: [Oil&Gas] (INSTR) AGA 9 ?

 

Mas Widy,
Mungkin perlu kehati-hatian dalam menjawab pertanyaan si penanya berdasarkan kasusnya. AGA Report 9 (Measurement of Gas by Multipath Ultrasonic Meters) adalah spesifikasi performance-based untuk meter ultrasonik dalam pengukuran aliran gas. AGA 9 secara umum ditujukan untuk aplikasi pengukuran aliran gas alam.
 
Dalam kasus penanya, sepertinya dia bermaksud untuk mengetahui bagaimana applicability dari AGA 9 untuk pengukuran aliran H2S yang berwujud gas. Sepertinya pabrik ybs mempunyai AGRU (acid gas removal unit) yang buangan gasnya dialirkan ke thermal oxidizer atau incinerator untuk dibakar. AGA 9 sendiri tidak menspesifikasikan secara normatif bagaimana spesifikasi sebuah meter terhadap gas yang mengandung H2S tinggi (atau malah semua komposisinya adalah H2S). Umumnya fasilitas perpipaan untuk gas yang mempunyai kandungan H2S tinggi mempunyai spesifikasi yang khusus dan seharusnya jika AGA 9 mencakup ini, maka material body dari ultrasonik meter dan transducer-nya juga harus tahan terhadap H2S. Kesimpulannya AGA 9 tidak mempunyai spesifikasi yang berkaitan dengan gas berkandungan H2S tinggi.
 
Di sisi lain, meskipun kita bisa punya kemewahan pasang flowcomputer untuk flare (ini applicable di Norway atau negara2 yang sudah menerapkan perpajakan pada gas flare, di Indonesia masih jauh lah yaw), apakah AGA Report 8 yang mengkalkulasi kompresibilitas gas dan densitas gas itu berlaku untuk gas yang mengandung H2S sangat tinggi? Kalau lihat AGA 8 lagi sih jawabannya tidak. AGA 8 sendiri sebenarnya merupakan persamaan keadaan (equation of state) yang dikembangkan untuk gas-gas dengan komposisi natural gas, yang artinya didominasi oleh metana, serta sedikit pengotor seperti CO2 (<10%) dan H2S. (FYI, AGA 8 butuh komposisi, tekanan dan temperatur untuk menghitung kompresibilitas dan densitas, orang pada umumnya mengatakan "pressure and temperature compensation" ya ini maksudnya.)
 
Kalau pertanyaannya konteksnya untuk gas alam, sepengetahuan saya Honeywell punya blok kalkulasi untuk AGA 8, tapi dampaknya memberatkan CPU load. Lha, tugas Honeywell sebagai DCS malah bisa terlantar gara2 keasyikan ngitung AGA 8.
Saya sendiri belum punya pengalaman di pengukuran aliran H2S, jadi ndak tahu apa jawabannya kalau ditanya "what is the most suitable application for my case?".
 
Mudah-mudahan membantu. Thanks.
 
 
salam,
Weby

 
On Mon, Oct 24, 2011 at 1:04 AM, Widy <widy133@yahoo.com> wrote:
 

Forward pertanyaan dari Instrumentation_Control@yahoogroups:

Dear All,

I'm in need of your support.Is AGA 9 standard applicable only for gas custody measurement or can it be used for normal gas flow measurement too. My application involves the flow measurement of H2S gas to flare header where we are using a ultrasonic flow meter and we are also installing PIT & TIT for flow compensation. The P&ID shows that all the signals from the field instruments are taken to DCS (Honeywell) without any multi variable transmitter/flow computer. Can the DCS perform the compensation calculation without any impact in its operation? Does the application requires a separate field mounted flow computer?




--
"The best way to predict the future is to invent it" - Dennis Gabor

__._,_.___
Recent Activity:
--------------------------------------------------------------
Portal Industri : http://www.migas-indonesia.com
No E-mail (Web) : Migas_Indonesia-nomail@yahoogroups.com
Daily Digest    : Migas_Indonesia-digest@yahoogroups.com
Individual Mail : Migas_Indonesia-normal@yahoogroups.com
Administrator   : Migas_Indonesia-owner@yahoogroups.com
Mirror : http://groups.google.com/group/Migas-Indonesia-Google
Untuk pergantian alamat email dan pengiriman attachment
silahkan hubungi webmaster(at)migas-indonesia.com
HAPUS BAGIAN EMAIL YANG TIDAK DIPERLUKAN SEWAKTU REPLY
PENGIRIMAN ATTACHMENT KE MILIS HARUS MELEWATI ADMINISTRATOR
--------------------------------------------------------------
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment

LinkWithin2

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Jika anda merasa info ini berguna dan ingin mentraktir saya beli minuman, silahkan anda bisa mendonasikan sedikit rezeki anda dengan mengklik link dibawah ini:


Bisnis Tiket Pesawat Online

Disclaimer