Pak Johan, saya kebetulan juga sedang mencari tulisan ttg DCVG.
Bapak bisa lihat di:
1. http://www.che.ufl.edu/orazem/pdf-files/Qiu-PhD-2003.pdf
2. http://www.jcse.org/viewpreprint.php?vol=9&pap=4
3. http://www.oildompublishing.com/pgj/pgjarchive/Sept%2004/operators%20misled-9-04.pdf
4. http://www.oildompublishing.com/pgj/pgjarchive/May%2005/05-05%20ecda%20needs.pdf
5. http://www.dnvcolumbus.com/files/dsp_recent_publications_9_1_10.pdf
6. http://www.corrpol.pl/pkeopk-sep/zakopane2006/leedsang_1_.pdf
Mudah2n membantu.
Salam
2. http://www.jcse.org/viewpr
3. http://www.oildompublishin
4. http://www.oildompublishin
5. http://www.dnvcolumbus.com
6. http://www.corrpol.pl/pkeo
Mudah2n membantu.
Salam
Iwan Husdiantama
Iwan.husdiantama@inspektindo.co.id
Blog: http://pipeline-integrity-assessment.blogspot.com/
Dari: Ari Kurniawan <ari_calister2@yahoo.com>
Kepada: "Migas_Indonesia@yahoogroups.com" <Migas_Indonesia@yahoogroups.com>
Dikirim: Senin, 17 Oktober 2011 10:40
Judul: Bls: [Oil&Gas] bagimana cara kerja DCVG
Pak Johan,
Sy bukan senior tapi coba sy menjawab tentang pertanyaan ini.
DCVG merupakan teknik inspeksi untuk mengetahui kerusakan coating di pipa yang terbenam.
teknik ini masih cenderung baru (sekitar tahun 1995 ditemukan oleh john Mulvany dan John Leeds).
DCVG sudah sangat umum digunakan dan sudah masuk ke standar NACE, ISO, dan standar lain.
kira-kira prinsip DCVG seperti ini
1. saat ada cacat coating di pipa maka arus yang mengalir ke bagian pipatersebut lebih besar dibandingkan di lokasi yang lain
2. sinyalnya dapat dideteksi dengan mengukur gradien potensial di sekitar cacat coating
3. semakin besar cacat coating maka arus yang mengalir akan menjadi lebih besar dan sinyal yang dideteksi jadi lebih besar
4. dari besarnya gradien potensial tersebut secara kualitatif akan diketahui besarnya cacat coating.
Nilai yang didapat adalah %IR dan secara kualitatif besarnya cacat coating diklasifikasikan seperti ini :
1. 0 - 15 % - Ringan - Tidak Perlu diperbaiki
2. 16-35% - Sedang - Perlu diperbaiki
3. 35-70%- Berat - Perlu diperbaiki secepatnya
4. 71-100 %- Parah- harus digali hari itu juga (Exacavate today)
Tim kami membeli alat DCVG ini dari UK dan telah dipakai di beberapa tempat dan hasilnya cukup akurat ketika dibuktikan dengan
penggalian.
Tks,
AK
CP Engineer
CP Engineer
1.1.RINGAN à(0 – 15%) à SMALL
SEDANG à(15 – 35%) à MEDIUM
BERAT à(35 – 70%) à MEDIUM LARGE
PARAH à (70 – 100%) à EXACAVATE TODAYDari: kurniawan johan <ohengkapal@yahoo.co.id>
Kepada:
Cc: Migas_Indonesia@yahoogroups.com
Dikirim: Sabtu, 15 Oktober 2011 15:48
Judul: [Oil&Gas] bagimana cara kerja DCVG
dear Senior bagaimanakah cara kerja DCVG sehingga bisa menemukan adanya coating yang rusak thanks johan |
__._,_.___
--------------------------------------------------------------
Portal Industri : http://www.migas-indonesia.com
No E-mail (Web) : Migas_Indonesia-nomail@yahoogroups.com
Daily Digest : Migas_Indonesia-digest@yahoogroups.com
Individual Mail : Migas_Indonesia-normal@yahoogroups.com
Administrator : Migas_Indonesia-owner@yahoogroups.com
Mirror : http://groups.google.com/group/Migas-Indonesia-Google
Untuk pergantian alamat email dan pengiriman attachment
silahkan hubungi webmaster(at)migas-indonesia.com
HAPUS BAGIAN EMAIL YANG TIDAK DIPERLUKAN SEWAKTU REPLY
PENGIRIMAN ATTACHMENT KE MILIS HARUS MELEWATI ADMINISTRATOR
--------------------------------------------------------------
Portal Industri : http://www.migas-indonesia.com
No E-mail (Web) : Migas_Indonesia-nomail@yahoogroups.com
Daily Digest : Migas_Indonesia-digest@yahoogroups.com
Individual Mail : Migas_Indonesia-normal@yahoogroups.com
Administrator : Migas_Indonesia-owner@yahoogroups.com
Mirror : http://groups.google.com/group/Migas-Indonesia-Google
Untuk pergantian alamat email dan pengiriman attachment
silahkan hubungi webmaster(at)migas-indonesia.com
HAPUS BAGIAN EMAIL YANG TIDAK DIPERLUKAN SEWAKTU REPLY
PENGIRIMAN ATTACHMENT KE MILIS HARUS MELEWATI ADMINISTRATOR
--------------------------------------------------------------
MARKETPLACE
.
__,_._,___
No comments:
Post a Comment