Dear All,
Delapan tahun sudah berlalu saya mencoba refresh lagi ternyata saya pernah titip email ini untuk migas lewat Mas Budhi almarhum. Untuk menghormati jasa beliau buat Migas Indonesia, saya akan menulis lagi yang kurang lebih similar.
Engineer Unyu-Unyu: "Kak, apakah deluge water diperlukan untuk pendinginan pipa pipa stainless steel di suatu platform?"
Engineer Lekong: "Kamyu musti tehong ya cyiiint, jika stainless steel itu prone sama siraman air berkadafi (= berkadar) chlorin tinggi, macam air laut sitompul. Jika saat rig lagi SIMOPS, kamyu musti tanyalarasati ya bo': "make air laut ngga cyiiint buat deluge nya?". kalau dia bilang pake, jangan mehong yah cyiiint". Lebih jauh lagi nih cyiint, musti dikalkulasi cost and benefitnya pasang deluge untuk stainless steel material.."
Engineer anggota Front Pembela Insinyur: "Assalamu alaikum Pak ustadz, ane baca nih tidak banyak yang bisa dilakukan untuk memitigasi detonation, bener ga itu pak?"
Engineer Ustadz: "Waalaikum salam. Memang kagak banyak yang bisa kite lakukan untuk memitigasi detonation. Ente udah baca Buncefield Incident Investigation Reportnya HSE-UK kan? nah ntu peristiwe, diduga melibatkan Detonation. Coba nte baca ntarannya ya, sekarang kita susun rencana penertiban Engineer Malam (moonlight engineer) dulu yee."
Engineer Bispak: "Oom, aku mau tanya deh (sambil ngegeleyot mesra)...bisa ngga sih oom dalam SIL verification kita make itungan yang sederhana ajach, ga perlu pake Markov2an segala?"
Engineer Hidung Belang: "Bisa sayang" (sambil mengelus rambut bispak).. "Paling mudah pake kombinasi hitungan SIL dengan HFT dan SFF, baik itu untuk type A dan type B. Mudah, ringkas dan cepat". "Jadi kapan kamu bisa kuculik ke Bali lagi hun?"
Engineer anggota Panja Mafia Pembokat: "Sudah saatnya keadilan ditegakkan, sudah saat nya pembokat pembokat di middel is dipulangkan". "Ngomong ngomong, untuk platform yang NNM (not normally manned), perlu ngga sih diinstall cold vent dengan snuffing system?"
Engineer yang pernah jadi Pembokat: "Namanya juga NNM, kehadiran personel diusahakan seminimal mungkin, sehingga berdasarkan kajian cost benefit analisanya, bisa jadi tidak butuh sistem yang butuh pemeriksaan rutin macam snuffing sistem itu".
Semoga bermanfaat
Salam dari Lautan
Gharonk
calon Dive Instructor PADI
Email saya 11 des 2003
Engineer Baru: Bolehkah saya memasang PSV secara Horizontal? Engineer
Bencong menJawab: Meskipun sebenarnya dimungkinkan untuk itu, standar
standar desain yang ada (API RP 520/521; API Spec 526/527, ASME BPVC Sec
VIII Div I, ISO 4126-1; CGA S-1.3; NFPA 30 dsb) menyarankan pemasangan PSV
secara vertikal (sambil nyolek dagu penanya). Jikapun situ nekat dipasang
horizontal, kemungkinan performance PSV akan jelek weitjeee...
Engineer lugu : Seberapa sering saya memaintain/ menservice PSV? Engineer
Gondronk (dari tanah sunda) menJawab: Eta teh samah seperti "palep" yang
lainnyah, siklus "serpis" yang disarankan mah tergantung samah
instalasinyah, jenis "palep' dan persyaratan aplikasi lainnyah. Titah abah
Kletz teh sebaiknya lift test setiap satu tahun sekali dan "serpis" setiap 5
tahun sekali (untuk OIl and Gas) dan 3 tahun sekali untuk "korosip
kemikals". Tingali deui API std 576 nya'?
Engineer bau kencur : Bagaimana sayah harus memilih desain yang baik antara
soft seated dan metal seated? Engineer Nyabu menJawab :Ehmmm, cool jack,
cool, dodok dolo yah... Isu eneh berkaetan jack ame serpis temperattor,
"acceptable seat leakage" en proyekse mentenens. Kagak same ame metal
seated, soft seated nyuguhen kemampoan antibocornya jack dan mentens nya
kagak sosah, ciamik pola...pokoknya guee bangeeett... Tapi mosti elu inget
baek baek yah, metal seated ini tahan hingga tempertaur lebih dare 1000 F!
dan dijamin lebbeh tahan dalam kasos Fire. Jadi, kapan kite Nyabu lage Jack?
Engineer pecicilan : apa sebaiknya kita merancang PSV dengan kapasitas yang
lebih besar sehingga aman? Engineer Budiman: Begini yah Nak, Jika kisanak
mau merancang PSV tunggal yang lebih besar dari seharusnya, mungkin kisanak
akan mengalami peristiwa chattering, dan vibrasinya bisa menyebabkan flange
to flange joint bocor. Jika kisanak mau merancang PSV ganda sebagai proteksi
atau untuk maintenance, saya srankan kisanak mensetnya dengan tekanan yang
berbeda. terdapat dua kecelakaan fatal karena chattering ini (Loss Prev
Bulletin, No 057, Jun 84, p.26 dan Loss Prev Proc Ind 8 (1): 41)
Engineer sok tahu: Kayaknya isolasi valve ngga perlu dipasang di PSV deh....
Engineer Rese: Ape seh loe nanya nanya? Gue toyor loe! Engineer Baek Hate:
Begini yah Dji, valve isolasi itu tetaplah diperlukan, yang mungkin tidak
diperlukan adalah line bypass. Sebenarnya semua tergantung dari tingkat
hazard, kondisi PSV itu sendiri dan kinerja mentenens setempat, umumnya
memang tidak diperlukan line bypass. tapi sekali lagi dari berbagai
literatur yang saya baca, valve isolasi tetap diperlukan.
Bencong menJawab: Meskipun sebenarnya dimungkinkan untuk itu, standar
standar desain yang ada (API RP 520/521; API Spec 526/527, ASME BPVC Sec
VIII Div I, ISO 4126-1; CGA S-1.3; NFPA 30 dsb) menyarankan pemasangan PSV
secara vertikal (sambil nyolek dagu penanya). Jikapun situ nekat dipasang
horizontal, kemungkinan performance PSV akan jelek weitjeee...
Engineer lugu : Seberapa sering saya memaintain/ menservice PSV? Engineer
Gondronk (dari tanah sunda) menJawab: Eta teh samah seperti "palep" yang
lainnyah, siklus "serpis" yang disarankan mah tergantung samah
instalasinyah, jenis "palep' dan persyaratan aplikasi lainnyah. Titah abah
Kletz teh sebaiknya lift test setiap satu tahun sekali dan "serpis" setiap 5
tahun sekali (untuk OIl and Gas) dan 3 tahun sekali untuk "korosip
kemikals". Tingali deui API std 576 nya'?
Engineer bau kencur : Bagaimana sayah harus memilih desain yang baik antara
soft seated dan metal seated? Engineer Nyabu menJawab :Ehmmm, cool jack,
cool, dodok dolo yah... Isu eneh berkaetan jack ame serpis temperattor,
"acceptable seat leakage" en proyekse mentenens. Kagak same ame metal
seated, soft seated nyuguhen kemampoan antibocornya jack dan mentens nya
kagak sosah, ciamik pola...pokoknya guee bangeeett... Tapi mosti elu inget
baek baek yah, metal seated ini tahan hingga tempertaur lebih dare 1000 F!
dan dijamin lebbeh tahan dalam kasos Fire. Jadi, kapan kite Nyabu lage Jack?
Engineer pecicilan : apa sebaiknya kita merancang PSV dengan kapasitas yang
lebih besar sehingga aman? Engineer Budiman: Begini yah Nak, Jika kisanak
mau merancang PSV tunggal yang lebih besar dari seharusnya, mungkin kisanak
akan mengalami peristiwa chattering, dan vibrasinya bisa menyebabkan flange
to flange joint bocor. Jika kisanak mau merancang PSV ganda sebagai proteksi
atau untuk maintenance, saya srankan kisanak mensetnya dengan tekanan yang
berbeda. terdapat dua kecelakaan fatal karena chattering ini (Loss Prev
Bulletin, No 057, Jun 84, p.26 dan Loss Prev Proc Ind 8 (1): 41)
Engineer sok tahu: Kayaknya isolasi valve ngga perlu dipasang di PSV deh....
Engineer Rese: Ape seh loe nanya nanya? Gue toyor loe! Engineer Baek Hate:
Begini yah Dji, valve isolasi itu tetaplah diperlukan, yang mungkin tidak
diperlukan adalah line bypass. Sebenarnya semua tergantung dari tingkat
hazard, kondisi PSV itu sendiri dan kinerja mentenens setempat, umumnya
memang tidak diperlukan line bypass. tapi sekali lagi dari berbagai
literatur yang saya baca, valve isolasi tetap diperlukan.
__._,_.___
--------------------------------------------------------------
Portal Industri : http://www.migas-indonesia.com
No E-mail (Web) : Migas_Indonesia-nomail@yahoogroups.com
Daily Digest : Migas_Indonesia-digest@yahoogroups.com
Individual Mail : Migas_Indonesia-normal@yahoogroups.com
Administrator : Migas_Indonesia-owner@yahoogroups.com
Mirror : http://groups.google.com/group/Migas-Indonesia-Google
Untuk pergantian alamat email dan pengiriman attachment
silahkan hubungi webmaster(at)migas-indonesia.com
HAPUS BAGIAN EMAIL YANG TIDAK DIPERLUKAN SEWAKTU REPLY
PENGIRIMAN ATTACHMENT KE MILIS HARUS MELEWATI ADMINISTRATOR
--------------------------------------------------------------
Portal Industri : http://www.migas-indonesia.com
No E-mail (Web) : Migas_Indonesia-nomail@yahoogroups.com
Daily Digest : Migas_Indonesia-digest@yahoogroups.com
Individual Mail : Migas_Indonesia-normal@yahoogroups.com
Administrator : Migas_Indonesia-owner@yahoogroups.com
Mirror : http://groups.google.com/group/Migas-Indonesia-Google
Untuk pergantian alamat email dan pengiriman attachment
silahkan hubungi webmaster(at)migas-indonesia.com
HAPUS BAGIAN EMAIL YANG TIDAK DIPERLUKAN SEWAKTU REPLY
PENGIRIMAN ATTACHMENT KE MILIS HARUS MELEWATI ADMINISTRATOR
--------------------------------------------------------------
.
__,_._,___




No comments:
Post a Comment